Rabu, 30 November 2022

Rendah Indeks Glikemik, Lemon Cocok untuk Kontrol Gula Darah

Berita Terkait

Lemon adalah pembangkit tenaga vitamin C, serat, sifat anti-inflamasi, dan anti-oksidan dan indeks glikemiknya yang rendah membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. (Pixabay)

batampos – Lemon mempunyai angka indeks glikemik rendah. Untuk penderita diabetes, salah satu bahan alami yaitu lemon cocok untuk mengontrol gula darah.

Selain Vitamin C yang banyak ditemukan dalam buah lemon, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan jus lemon dapat secara signifikan menurunkan glukosa darah puncak dan menunda puncak itu lebih dari 35 menit. Tak heran, karena lemon telah lama dianggap sebagai makanan super untuk diabetes, bahkan oleh American Diabetes Association.

Lemon adalah pembangkit tenaga vitamin C, serat, sifat anti-inflamasi, dan anti-oksidan dan indeks glikemiknya yang rendah membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Nutrisi yang ada dalam lemon membantu metabolisme lebih baik.

“Menambahkan elemen sehat yang diperlukan untuk diet harian sangat penting. Jus lemon adalah salah satu ramuan yang dapat mengontrol kadar gula darah Anda dan bertindak sebagai penyelamat yang sehat untuk diabetes,” kata Ahli Gizi dan Konsultan Homeopati India dr. Smita Bhoir Patil.

Menurutnya jumlah kalori dalam jus lemon cukup rendah sehingga sempurna untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Vitamin C dalam jus lemon juga mengontrol kadar insulin.

Baca juga: Selain Kunyit dan Jahe, Teh Hijau Masuk dalam Herbal Antistres

“Lemon penuh dengan serat mudah yang membantu pencernaan dan menjaga kadar gula darah yang berfluktuasi,” katanya.

Berikut adalah 5 cara untuk menambahkan jus lemon ke dalam asupan sehari-hari untuk mengurangi gula darah. Bagaimana caranya?

1. Peras beberapa tetes jus lemon segar ke makanan. Ini memberi makanan rasa dan aroma yang enak dan meningkatkan rasa. Anda juga bisa menambahkan jus lemon ke salad untuk membuatnya lebih enak.

2. Segelas jus lemon saat perut kosong adalah obat terbaik. Minumlah dengan air hangat atau pada suhu normal dan tambahkan setengah lemon ke dalamnya. Dan jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya.

3. Buat air detoks sendiri dengan irisan lemon. Teruslah menghirup air detoks ini sepanjang hari. Maka lemon mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Cara lain yang lebih sehat untuk menambahkan jus lemon adalah pada salad. Ini meningkatkan rasa salad dan juga berfungsi sebagai bahan yang kuat untuk menurunkan berat badan.

5. Pastikan untuk menambahkan jus lemon dalam makanan bertepung seperti nasi, kentang, bit, dan jagung, karena dapat mengurangi lonjakan gula darah dan mengurangi peradangan. (*)

Reporter : JPGroup

 

Update