Kamis, 8 Desember 2022

Racikan Golden Milk, Hangat dan Kaya Manfaat

Berita Terkait

RAMUAN SEHAT: Sherly Setiono mencoba golden milk yang merupakan perpaduan susu segar dengan campuran bubuk kunyit, lada hitam, dan taburan bubuk kayu manis di kediamannya, Jumat (15/7). (Riana Setiawan/Jawa Pos)

batampos – Racikan secangkir Golden Milk, selain hangat, juga kaya manfaat. Golden milk adalah perpaduan susu segar dengan campuran berbagai macam rempah seperti kunyit, lada hitam dan kayu manis.

Menurut Prof Dr Apt Mangestuti Agil MS, Guru Besar Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, rempah-rempah seperti kunyit, lada, jintan hitam, jahe hingga kayu manis sangat bermanfaat untuk tubuh.

Pemakaian berbagai jenis rempah dan bahan alam lain untuk memperkuat imunitas sudah dilakukan masyarakat Indonesia sejak lama. Alasan utamanya adalah lebih mudah ditoleransi tubuh manusia.

Toleransi itu terjadi karena khasiat bahan alam merupakan kerja bersinergi zat kandungan untuk mengatasi kerusakan di dalam tubuh yang mengakibatkan penyakit. Jadi, cara kerjanya berbeda dengan obat kimia.

Baca juga: Begini Efek Teh Chamomile Bagi Penderita Diabetes

Aktivitas berbagai jenis herbal dan rempah itu terutama karena khasiat antioksidan dan antimikroba yang poten. Khasiat rempah disebabkan kandungan zat bioaktif, yaitu flavonoid, fenolik, senyawa sulfur, tannin, alkaloid, dan lainnya.

Dengan alasan itulah, kementerian pengobatan tradisional India menganjurkan tiap orang merawat diri dengan berbagai rempah. Tujuan utama adalah mendapatkan imunitas super sebagai proteksi melawan infeksi. Pilihan jatuh pada penggunaan kunyit, ketumbar, dan bawang putih dalam berbagai masakan.

Untuk minuman herbal, dipilih campuran daun kemangi, kayu manis, lada hitam, jahe, dan kismis sekali atau dua kali sehari. Bisa ditambahkan jus lemon segar untuk memperbaiki rasa. Kebiasaan menambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit pada minuman susu segar 150 ml sehari sekali atau dua kali juga dianjurkan.

Resep Golden Milk

Bahan:
150 ml susu segar
½ sendok teh bubuk kunyit
Sedikit bubuk lada hitam (membantu penyerapan kurkumin dari kunyit)
Bubuk kayu manis sebagai pemanis

Cara membuat:
Tuang susu segar ke dalam wadah.
Tambahkan semua bahan.
Hangatkan di atas api sedang sambil diaduk untuk memperoleh bau dan rasa yang homogen.
Siap dihidangkan sekali sehari.

Peringatan:
Konsumsi rempah dan herbal apa pun secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping. Contohnya, masalah lambung, sulit buang air besar, dan tekanan darah tinggi. (*)

Reporter: JPGroup

Update