Jumat, 12 Agustus 2022

Qodir Band Rilis Album Seribu Bulan karena Jadi Gengsi

Berita Terkait

Qodir Band yang digawangi Dul Jaelani, Muhammad Xaviar, Deriel Sudiro dan Axel CB (Instagram/official.qodir)

batampos – Qodir Band langsung merilis album Seribu Bulan dengan 9 lagu di dalamnya. Alasannya karena jadi gengsi tersendiri, terlebih zaman sekarang banyak Youtuber dan TikToker yang menjadi musisi dan merilis singel.

Qodir Band memang baru terbentuk. Grup musik yang digawangi Dul Jaelani, Muhammad Xaviar, Deriel Sudiro dan Axel CB itu tidak mau hanya merilis single. Sekalinya memutuskan terjun ke industri musik, Qodir Band langsung merilis album berjudul Seribu Bulan.

Dul Jaelani mengungkap alasan kenapa band barunya ini langsung merilis album. Salah satu alasan yang disampaikan putra bungsung Ahmad Dhani- Maia Estianty itu karena masalah gengsi.

Dul dan teman temannya dalam band-nya yang menganggap musik sebagai bagian dari hidup tidak mau kalah dari influencer yang mulai marak memekarkan sayap karir di dunia musik.

Baca juga:

“Karena dengan industri zaman sekarang, banyak YouTuber, TikToker jadi musisi. Gimana ya ? Kita juga bisa besok bikin lagu terus rilis, tapi kita merasa karena kemudahan itu disiplinnya hilang. Jadi gengsi saja. Ya sudah kita buat album. Musisi itu kan dinilai dari albumnya,” kata Dul dalam jumpa pers di Hard Rock Cafe, Sudirman, Jakarta Selatan Senin (16/5).

Materi lagu yang ada di album Seribu Bulan sebenarnya sudah ada sejak 2016 silam. Menurut Dul Jaelani, sudah ada beberapa lagu menjalani rekaman kala itu namun akhirnya dilakukan rekaman ulang untuk keperluan album ini demi memperbaiki kualitasnya.

Pemilihan judul album Seribu Bulan bagi Dul sangat tepat untuk menggambarkan debut album Qodir Band. Selain memuat sejumlah tema khususnya tema sosial, album ini juga untuk memberikan gambaran tentang cahaya terang.

“Kalau sisi terang, matahari itu kayaknya nggak pantas. Akhirnya kita pilih Seribu Bulan, kan islami juga dan menurut kita nyambung sama musik-musik kita. Kebetulan rilisnya juga pada bulan seribu bulan (bulan Ramadan,red) kemarin secara digital,” ungkapnya.

Dul juga mengungkapkan, dirinya banyak belajar dari Ahmad Dhani dalam proses pembuatan grup band. Kendati demikian, ia tidak mau berada di bawah bayang-bayang Dhani yang meminta-minta lagu atau bantuan dari ayahnya. Dul sangat mandiri dalam berkarya tidak mau melibatkan orang tuanya.

“Kalau ngobrol sama ayah, tipsnya kita harus punya rasa istiqomah,jaga ketahanan, kekuatan, konsisten dalam membuat album dan bermusik. Karena memang kalau di dunia musik nggak semua pasti. Banyak faktor eksternal gitu tapi yang penting kita terus berkarya saja ya. Up and down biasa saja tapi tetap konsisten,” paparnya.(*)

Reporter: jpgroup

Update