Minggu, 27 November 2022

Pilih Tabir Surya dengan Benar, Begini Panduannya

Berita Terkait

ILUSTRASI. Saat memilih sunscreen, pengguna harus cermat mencari tahu terkait kandungan yang ada di dalamnya, tekstur yang cocok untuk kulit, hingga manfaatnya. (AOL)

batampos – Tabir surya adalah perlindungan wajib untuk kulit. Fungsinya melindungi dari paparan bahaya sinar matahari.

Jika Anda banyak beraktivitas di luar ruang pilih tabir surya dengan SPF minimal 50 untu perlindungan maksimal. Dan pastikan tabir surya mudah diaplikasikan ulang.

Selain pertimbangan SPF, untuk memilih tabir surya yang baik harus juga disesuaikan dengan jenis kulit. Selain itu tabir surya harus bebas paraben.

Dalam kosmetik memang sering ditemukan bahan paraben yang fungsinya sebagai zat antibakteri. Namun, penelitian di dokter kulit di New York, kandungan paraben yang tidak terkontrol bisa berbahaya dan meningkatkan risiko kanker.

Baca juga: Area Sekitar Mata Juga Harus Dilindungi, Perawatan Memakai Krim Mata dan Tabir Surya

“Tentunya ada banyak sekali sunscreen yang bisa dicoba sebagai produk harian untuk melindungi wajah serta kulit dari bahaya sinar matahari, boleh juga misalnya tidak hanya dipakai untuk wajah tapi juga bisa diaplikasikan untuk tubuh. Sebaiknya yang mudah menyerap dengan mudah,” kata Imelda Rusli dari Klarity Indonesia kepada wartawan baru-baru ini.

Berikut 5 hal yang menjadi pertimbangan saat memilih sunscreen:

1. Hindari Bahan-bahan Keras

Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan sunscreen adalah memastikan bahwa bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tersebut aman dan tidak ada yang memicu timbulnya iritasi.

Menurut Dendy Engelman FACMS, FAAD, ahli Dermatologi Schafer Clinic, New York, bahan keras seperti pewarna kimia atau pewangi buatan melebihi dosis yang dipakai dalam sunscreen tidak memberikan manfaat apapun untuk wajah.

Bahkan cenderung membahayakan dan mengakibatkan iritasi pada kulit, terutama bagi mereka yang punya jenis kulit sensitif. Bukannya melindungi wajah dari paparan sinar matahari, bahan berbahaya dan keras ini justru akan merusak kulit jika dipakai dalam jangka panjang.

2. Pilih Formula yang Cocok untuk Jenis Kulit

Selain menghindari bahan-bahan berbahaya sebelum menggunakan sunscreen, pemilihan formula yang cocok untuk jenis kulit juga perlu diperhatikan. Baik Physical Sunscreen atau Mineral Sunscreen, pilih produk yang bebas pewangi terutama bagi pemilik kulit sensitif karena lebih berpotensi memicu iritasi atau alergi.

Sedangkan bagi yang punya jenis kulit berminyak atau acne prone skin, bisa mencoba menggunakan formula yang matte atau powder agar menyerap produksi minyak berlebih.

3. Pastikan Paraben Free

Berdasarkan studi dokter kulit di New York, kandungan paraben dengan dosis yang tidak diatur akan sangat berbahaya hingga meningkatkan risiko penyakit kanker dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Untuk itu, dalam memilih sunscreen sebisa mungkin memastikan tidak ada kandungan paraben. Meski bahan yang satu ini cukup familiar ditemukan di dalam kosmetik atau skincare sebagai antibakteri, namun tetap saja ada efek negatif yang bisa mengganggu kestabilan hormon dan memicu iritasi.

4. SPF Minimal 30 atau Lebih Tinggi

Salah satu hal yang juga harus diperhatikan sebelum menggunakan sunscreen ialah memilih SPF minimal 30 untuk bantu mencegah 97 persen sinar UVB menembus ke kulit.

Seperti diketahui, bahaya sinar UV terhadap kulit bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan-jaringan kulit, memicu munculnya dark spot, rasa terbakar sehingga pemilihan SPF juga harus sangat diperhatikan.

Jika punya banyak aktivitas yang mengharuskan di luar ruangan/outdoor maka direkomendasikan untuk memakai sunscreen dengan SPF 50 PA +++ agar menjaga kulit lebih maksimal.

5. Mudah untuk Dipakai Kembali

Pilih produk sunscreen yang memudahkan untuk diaplikasikan ulang atau reapply karena hal ini juga penting untuk diperhatikan sebelum memilih menggunakan sunscreen.

Reapply sunscreen direkomendasikan setiap dua jam sekali agar bisa bekerja lebih efektif untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Coba pilih sunscreen yang travel friendly agar lebih muda saat hendak reapply, terutama jika berada di luar ruangan atau banyak melakukan aktivitas yang mengharuskan padat dari satu tempat ke tempat lain. (*)

Reporter : JPGroup

Update