Senin, 23 Mei 2022

Percantik Rumah dengan Lantai Vinyl

Berita Terkait

ILUSTRASI: Mengganti suasana rumah dengan lantai vinyl sebenarnya memiliki beberapa keuntungan. f. TACO

batampos – Mempercantik rumah di momen Lebaran memang lumrah dilakukan masyarakat Indonesia. Biasanya perubahan yang dilakukan agar tampilan rumah tampak beda adalah dengan mengecat ulang dinding. Tapi, tak ada salahnya jika mengganti lantai rumah dengan vinyl untuk mengubah suasana.

Diungkapkan Desain Interior, Arrofi Ramadhan, mengganti suasana rumah dengan lantai vinyl sebenarnya memiliki beberapa keuntungan. Pertama, pemasangannya sangat mudah dan cepat jika diban­dingkan dengan pemasangan lantai dari keramik. Karena tidak diperlukan untuk membongkar lantai.

“Gimana meng-upgrade lantai dalam waktu yang singkat, ya pilihannya jatuh ke vinyl. Pemasangannya cuma bisa hanya satu hari, kita tinggal tiban saja ubin yang ada,” ujar Arrofi dalam media gathering TACO dengan kampanye ‘Awali Perubahan Bersama TACO’ baru-baru ini.

Lalu, kedua dari pilihan motif. Jika melihat trennya, saat ini desain interior rumah masih cenderung ke nuansa alam seperti kayu dan batu-batuan. Lantai vinyl sendiri memang identik dengan warna-warna alam seperti cokelat, krem, abu-abu, hingga hitam pun ada.

BACA JUGA: Tips Cat Rumah Menjelang Lebaran, Tampilkan Tiga Warna Favorit

Dengan pilihan warna tersebut, suasana rumah bisa menjadi lebih hangat dan ‘welcome’ untuk siapapun yang datang. Sehingga rumah bisa menjadi lebih tenang dan adem.
Keuntungan lainnya adalah lantai vinyl bisa menetralisir suhu. Jika diperhatikan, biasanya kalau suhu lantai keramik biasanya akan sama dengan keadaan cuaca. Kalau panas, lantainya bisa menjadi hangat, begitu pula kalau dingin.

“Kalau vinyl bisa mentrelisir suhu, gak kaya ubin. Jadi adem saja saat diinjak,” ungkapnya.

Namun, dengan beberapa keuntungan yang dimiliki lantai vinyl, harus diakui masih ada kekhawatiran masyarakat akan perawatannya dan ketahanannya. Padahal, membersihkan lantai vinyl tidak jauh berbeda dengan material keramik. Cukup dibersihkan dengan lap basah seperti biasa atau bisa dengan penyedot debu.

Sehingga, jika takut lantai vinyl terlepas atau tidak awet ketika dibersihkan dengan air itu tidak benar. Selama tidak kebanjiran atau ada rembesan air, maka perawatan lantai vinyl tidak sulit dan awet. (*)

Reporter: JP Group

Update