Senin, 28 November 2022

Perbandingan iPhone 11 dan iPhone 14, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Berita Terkait

batampos-Membahas tentang iPhone, salah satu produk perusahaan Apple ini memang selalu seru dan tak ada habisnya. Setiap tahun, selalu ada inovasi yang diluncurkan oleh Apple pada produk smartphone nya ini. Bahkan, semua seri iPhone mempunyai keistimewaannya sendiri.

Salah satu generasi ponsel iPhone yang sangat laris dan masih diminati di tahun ini adalah iPhone 11. Harga iPhone 11 yang sesuai spesifikasinya membuat seri ini terbilang unggul. Seri iPhone 11 ini juga dapat digunakan dalam jaringan WiFi 6.

Tidak hanya itu saja, kapasitas atau daya baterai dari ponsel ini juga terbilang besar. Desainnya yang futuristic juga membuat para penggunanya betah berlama-lama menggunakan ponsel ini.

Belum habis-habis rasa kagum pada seri iPhone 11, kini Apple kembali menghadirkan produk seri ponsel terbarunya, yaitu iPhone 14. Seri iPhone 14 ini hadir dengan segala kecanggihannya yang tidak kalah memukau dari seri sebelumnya.

BACA JUGA: Ini Daftar Harga iPhone 14 Series di Indonesia, Preorder Mulai 28 Oktober 2022

Sama seperti iPhone 11 yang berkualitas, iPhone 14 juga memiliki banyak hal yang terbilang lebih baru dan canggih. Lantas, bagaimana perbandingan antara kedua seri ini?
Untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara iPhone 11 dan iPhone 14, dapat dilihat dari beberapa hal. Berikut adalah perbandingan antara dua seri ponsel ini.

1. Desain
Jika dilihat dari desainnya, tampilah iPhone 11 tergolong lebih ke arah klasik. Hal ini disebabkan karena elemen dari Face ID nya yang masih berbentuk melengkung. Detail ini berbeda dengan iPhone 14 yang mengusung desain datar.

Perbedaan ini sebenarnya tidak akan terlihat mencolok jika dilihat sekilas. Anda akan menyadarinya ketika menggenggam kedua ponsel ini. Meskipun keduanya berukuran 6,1 inci, seri iPhone 14 Pro akan lebih terasa besar jika dibandingkan iPhone 11.
Letak kamera dari kedua ponsel juga berbeda. Akan tetapi, persamaannya adalah keduanya menggunakan bahan kaca pada bagian depan dan belakang. Namun, iPhone 14 mengandalkan ceramic shield atau perisai kaca yang sifatnya lebih kuat.

2. Kamera
Salah satu yang menjadi pertimbangan banyak orang ketika membeli ponsel adalah kameranya. iPhone 11 memiliki 2 kamera utama dengan resolusi 12 MP. Kamera depannya juga beresolusi 12 MP sehingga menghasilkan foto selfie yang berkualitas.
Fitur kamera utama pada iPhone 14 memiliki resolusi mencapai 48 MP. Sehingga seri ini sangat tepat bagi Anda yang mencari ponsel dengan kamera yang canggih.

3. Prosesor
iPhone 11 dibuat dengan chipset Apple A13 Bionic, dengan prosesor hexa core atau 6 core untuk mengolah grafis Apple GPU 4 Core. Sedangkan iPhone 14 dibekali dengan chipset Apple A16 Bionic dengan prosesor CPU 6 Core dan GPU 5 Core, serta Neural Engine 16 Core.

Jika dibandingkan, maka iPhone 11 jelas kalah dari iPhone 14. Teknologi chipset iPhone 14 diklaim lebih cepat 40% dari yang lain. Dikatakan bahwa ponsel ini bisa menjalankan sampai 17 triliun operasi setiap detiknya.

4. Daya Tahan Baterai
Tidak hanya kamera, baterai juga termasuk pertimbangan utama ketika membeli ponsel. Kapasitas daya baterai yang besar tentu membuat penggunanya lebih leluasa menggunakan ponsel yang dimilikinya. Sebab tidak khawatir baterai cepat habis.
Dari segi baterai, iPhone 11 mempunyai kapasitas baterai sebesar 3.110 mAh. Sedangkan iPhone 14 dibekali dengan baterai yang sedikit lebih besar, yaitu 3.279 mAh. Selain itu, pada seri iPhone 14 Plus, kapasitas baterainya sebesar 4.325 mAh.

5. Harga Jual
Jika dibandingkan secara harganya, iPhone 11 tentu dijual dengan harga pasaran di bawah harga iPhone 14. Pada bulan November 2022 ini, versi second dari iPhone 11 dijual dengan harga berkisar 5,4 juta sampai 5,5 juta.

Harga tersebut masih jauh berbeda jika dibandingkan dengan seri iPhone 14 yang mayoritas masih dijual dengan kondisi yang baru atau belum pernah dipakai. Jika tertarik dengan iPhone 14, maka Anda harus menyiapkan dana sekitar 16 juta untuk memilikinya.
Itulah sedikit perbandingan antara iPhone 11 dan iPhone 14.

Perbandingan yang terlihat cukup signifikan ini adalah hal yang wajar, sebab kedua ponsel juga rilis di tahun yang berbeda. Kedua ponsel ini memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dan dana untuk memilih seri yang tepat untuk dibeli. Pastikan Anda memeriksa ulang terkait setiap detail dari kedua ponsel ini, supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Beli HP iPhone di Shopee dengan SPinjam
Jika Anda tertarik membelinya, tetapi tidak memiliki uang cash, maka Anda memanfaatkan fitur pinjaman online langsung cair pada SPinjam.

Agar belanja jadi lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale pada 14 November-12 Desember 2022! Ada Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon s/d 90%, dan Rezeki Nama Diskon s/d 50RB yang bisa bikin belanja jadi terasa semakin menguntungkan. (*)

 

Update