Rabu, 10 Agustus 2022

Penyebab Kaki Dingin dan Tips Mengatasinya

Berita Terkait

Ilustrasi – Memakai kaus kaki bisa menjadi tips mengatasi kaki yang dingin. (alodokter.com)

batampos – Kaki dingin biasa kita alami. Namun ada beberapa orang yang memang punya masalah kakinya lebih dingin dari orang lain meski sudah mengenakan kaos kaki. sehingga terasa mengganggu.

Beberapa penyebab kaki dingin menurut Kepala Kesehatan Juno Medical, Aarti Agarwal, MD, seperti dikutip Antara dari Real Simple, karena massa otot yang lebih rendah.

“Mereka yang kedinginan mungkin memiliki massa otot yang relatif lebih sedikit dan karena otot menghasilkan panas, tubuh mungkin mencoba membuat tetap hangat dengan mengalihkan panas dari ekstremitas seperti tangan dan kaki Anda,” katanya..

Penyebab lainnya, lanjut Dr. Agarwal karena sirkulasi peredaran darah yang buruk. “Setiap orang memiliki sistem peredaran darah yang bertanggung jawab untuk membawa darah ke seluruh tubuh, tetapi sistem peredaran darah pada beberapa orang bisa kurang efisien,” jelasnya.

Jika Anda memiliki sirkulasi darah yang buruk, darah Anda mungkin tidak mengalir dengan bebas atau secepat yang seharusnya, dan karena sirkulasi dapat mempengaruhi suhu tubuh, penurunan aliran darah ini dapat menyebabkan Anda merasa kedinginan.

Dr. Agarwal mencatat, pembuluh darah di kaki dan tangan Anda adalah yang terkecil dan paling sensitif. Jadi sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan kaki dan tangan Anda terasa sangat dingin.

“Ada banyak alasan untuk sirkulasi yang buruk. Merokok dan obesitas adalah faktor risiko umum, serta kondisi kesehatan mendasar lainnya (seperti Penyakit Arteri Perifer atau Penyakit Raynaud),” ujar Dr. Agarwal.

Berolahraga secara teratur, menghindari rokok, dan makan makanan seimbang termasuk kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda.

Di sisi lain, stres yang melanda juga bisa berkontribusi pada dinginnya tangan dan kaki Anda. Detak jantung dan tekanan darah Anda akan meningkat, dan Anda mungkin bernapas lebih berat. Ini karena tubuh Anda bekerja untuk mengarahkan sumber daya seperti darah, nutrisi, dan oksigen ke kelompok otot utama.

Karena tangan dan kaki Anda bukan kelompok otot utama, keduanya mungkin mengalami penurunan aliran darah selama masa stres. Kemudian, akibat sirkulasi memainkan peran kunci dalam pengaturan suhu tubuh, maka ini dapat menyebabkan tangan dan kaki Anda terasa dingin.

Kemungkinan penyebab lainnya kaki dingin yakni Anda memiliki tiroid yang kurang aktif. Jika Anda menderita hipotiroidisme atau kelenjar tiroid yang kurang aktif, maka kelenjar tiroid Anda tidak cukup memproduksi hormon-hormon ini.

Ini secara bertahap dapat menyebabkan tubuh Anda melambat dan berfungsi dengan kurang baik. Anda bisa merasa lelah, sakit dan menjadi lebih sensitif terhadap dingin.

Berikut beberapa tips dasar dan kebiasaan sehat untuk menghangatkan kaki Anda yang dingin:

1. Regangkan atau gerakkan kaki Anda. Menurut Dr. Agarwal, bergerak dapat membuat beberapa darah mengalir ke kaki Anda, yang dapat membantu Anda menghangatkannya.

2. Berolahragalah. Olahraga teratur adalah salah satu cara mudah untuk meningkatkan sirkulasi darah Anda, yang dapat membantu Anda mencegah kaki dingin.

4. Gunakan botol air panas atau bantalan pemanas.

5. Minimalkan stres karena srena stres dapat menyebabkan ekstremitas Anda menjadi dingin, ada baiknya mengurangi stres di mana pun Anda bisa.

6. Kenakan kaus kaki untuk menghangatkan dan melindungi kaki yang dingin secara kronis.

7. Kurangi merokok karena telah dikaitkan dengan beberapa gangguan pembuluh darah. Dengan mengurangi bahkan berhenti merokok, Anda mungkin dapat mengurangi risiko mengalami beberapa kondisi kesehatan lain termasuk kaki dingin. (*)

Reporter : Antara

Update