Senin, 8 Agustus 2022

Pasang Sendiri Wallpapermu, Begini Langkah-langkahnya

Berita Terkait

Ilustrasi Wallpaper. (Future PLC/Ideal Home)

batampos – Memasang sendiri wallpaper bukan hal sulit. Percobaan bisa dimulai dari ruang tidur Anda. Jika dirasa sukses, bisa merambah ruang lain.

Saat sedang malas mendekor ulang ruangan dengan melakukan pengecatan ulang, pemakaian wallpaper bisa jadi solusi untuk mempercantik ruangan.

Wallpaper lebih dekoratif. Inilah salah satu alasan pemakaian wallpaper banyak diminati saat ini. Selain itu biaya juga lebih murah dibanding harus melakukan cat ulang. Apalagi, wallpaper biasanya tersedia dengan berbagai macam desain, tekstur, warna, dan pola.

Budiyanto Tjandra dari label wallpaper Rona mengatakan, beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih wallpaper adalah berbagai macam desain yang tidak lekang oleh waktu. Di samping itu, wallpaper yang juga mudah dibersihkan dengan material antinoda menjadi favorit.

”Dan tentu pada era pandemi ini, kebersihan dan keamanan bahan bagi kesehatan adalah yang utama. Material wallpaper harus dipastikan tidak berbahaya untuk kesehatan manusia,” kata Budiyanto Tjandra kepada wartawan baru-baru ini.

Baca juga : Pencahayaan Jadi Elemen Penting untuk Area Dapur dan Ruang Makan

Berikut tips memasang wallpaper yang antigagal agar dinding lebih cantik dan rapi. Apa saja?

1. Bersihkan Dinding
Untuk memasang wallpaper, pastikan dulu dinding dalam keadaan bersih dan tidak basah. Jangan lupa lepaskan paku-paku yang masih menancap di dinding. Dinding yang bersih tujuannya agar tidak ada gelembung udara saat wallpaper dipasang

2. Ukur Dinding
Sebelum dipasang, ada baiknya untuk mengukur dinding yang akan ditutup dengan wallpaper. Anda bisa membuat garis tipis di dinding agar saat wallpaper ditempel bisa terlihat rapi dan sempurna.

3. Oleskan Lem
Setelah diukur, langkah berikutnya adalah mengaplikasikan lem secukupnya. Pastikan tidak memberikan lem yang terlalu basah agar tidak muncul gelembung sehingga permukaan wallpaper bisa tetap rata.

4. Tempelkan wallpaper
Setelah lem rata, berikutnya adalah memasang wallpaper. Tempelkan secara hati-hati, Anda bisa mengikuti tanda garis yang telah dibuat sebelumnya. Jika sudah tertempel, ratakan dengan roll supaya bisa menempel dengan sempurna. Jangan lupa pastikan kerapiannya juga seperti potong sisa wallpaper di bagian atas atau samping agar terlihat rapi.

5. Percantik dengan Wallsticker
Bagi yang lebih memilih untuk tidak menutupi seluruh permukaan dinding, Anda bisa menggunakan wallsticker. Umumnya, wallsticker tidak perlu tambahan lapisan lem sebagai perekat. (*)

Reporter : JPGroup

Update