Senin, 26 Februari 2024

Padi Reborn di Usia Seperempat Abad, Bertahan dengan Merilis Single

Berita Terkait

Grup Band Padi Reborn melakukan press confrence sehari sebelum konser di DBL ArenaSelasa (14/3). (Alfian Rizal/Jawa Pos)

batampos – Padi Reborn menjadi salah satu di antara segelintir band di Indonesia yang masih eksis tanpa ada pergantian personel. Bahkan di usianya yang sudah menginjak 25 tahun. Band asal Surabaya itu masih bertahan meski lebih banyak manggung dibandingkan mengeluarkan karya terbaru dua tahun ini. Terakhir, mereka mengeluarkan single berjudul Memberi Makna Indonesia pada 2021.

Tapi bukan berarti Padi Reborn hanya akan jadi band ‘nostalgia’ saja. Di usia perak, grup asal Surabaya itu berjanji terus melahirkan karya baru. ”Tahun ini, kami tidak hanya mengeluarkan satu single baru, tapi beberapa,” terang drummer Padi Reborn Surendro Prasetyo alias Yoyo ditemui di DBL Arena Surabaya, Selasa (14/3).

Baca juga:Metallica Akuisisi Saham Perusahaan Produsen Rekaman Vinyl Terbesar Amerika Serikat

Memang sementara hanya single. Bukan rilisan album fisik seperti ketika Padi Reborn mengawali karier dulu. Seperti yang diingkan sebagian besar Sobat Padi -fans Padi Reborn-.

”Tapi kan industri musik saat ini berbeda, bukan hanya sale-sale fisik saja, pemahaman orang mendengarkan dan menikmati musik juga berbeda,” ujar sang gitaris Piyu.

Selain itu, andai memaksakan mengeluarkan rilisan fisik seperti dulu, Padi Reborn akan kesulitan menjualnya. Toko-toko musik saat ini sudah sangat langka. ”Yang memungkinkan Sobat Padi membeli ke kami secara langsung lewat online. Dan itu cukup sulit,” lanjutnya.

Piyu menegaskan Padi Reborn, sama halnya dengan musisi saat ini, tidak bisa melawan perubahan itu. Mereka memilih untuk beradaptasi. ”Kami berkompromi dengan mengeluarkan single-single. Sebenarnya beberapa bulan lalu kami sudah mempersiapkan single baru,” ungkapnya.

Fadly sebagai vokalis mengatakan single memang jadi pilihan terbaik di era sekarang. Itu juga memudahkan Sobat Padi untuk menikmati karya band yang berdiri sejak 1997 itu. ”Tapi suatu saat ini, akan ada rilisan fisik yang akan kami keluarkan dari single-single itu,” janjinya.

Nah, untuk merayakan usia ke-25, Padi Reborn menggelar tur. Dua kota sudah dilalui, Jakarta dan Kuala Lumpur (Malaysia). Malam nanti, giliran Surabaya yang dihibur. Surabaya juga menjadi kota penutup rangkaian tur ke-25 Padi Reborn.

Gitaris Padi Reborn lainnya Ari Tri Sosianto alias Ari menegaskan akan ada 25 lagu yang dibawakan di DBL Arena malam nanti. ”25 lagu yang jarang kami bawakan, skill full, dan semua bisa sing along. Intinya kami akan memberikan energi yang luar biasa untuk Arek Suroboyo,” tegasnya. (*)

Reporter: jpgroup

Update