Selasa, 16 Agustus 2022

Musim Penghujan Tiba, Waspada Demam Berdarah

Berita Terkait

Kunci Tampil Cantik Ada di 3 Jenis Makeup ini

Glossy dan Tahan Lama

batampos.co.id – Musim hujan sudah mulai melanda di sebagian wilayah Indonesia itu pertanda kita wajib waspada dengan penyakit Demam Berdarah. Pasalnya, awal musim hujan membuat banyak genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk penyebab Demam Berdarah.

Demam berdarah merupakan penyakit yang dapat menular dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes Aegypti atau nyamuk Demam Berdarah (DBD) memiliki perilaku menggigit pada pagi dan sore hari.

Penularan Demam Berdarah terjadi saat nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus ini, ketika nyamuk tersebut menggigit orang lain, maka virus akan menyebar dengan mudah.

Apabila mengalami Demam Berdarah harus cepat ditangani dengan tepat. Sebab apabila tidak ditangani dengan tepat akan berdampak fatal. Berikut ini merupakan tanda-tanda penyakit demam berdarah yang perlu diwaspadai saat musim hujan;

1. Alami demam tinggi mendadak hingga 40 derajat celsius.
2. Mual, muntah, mimisan, gusi berdarah.
3. Nyeri pada sendi, otot, dan tulang
4. Ruam kemerahan sekitar 2–5 hari setelah demam

Penderita demam berdarah wajib segera dibawa ke rumah sakit apabila mengalami demam 39 derajat selama 3 hari, napsu makan menurun, dan tidak mau minum sehingga mengakibatkan dehidrasi.

Penyakit Demam Berdarah tentunya dapat dicegah, untuk itu ada beberapa cara mudah yang dapat diterapkan guna terhindar dari penyakit ini, diantaranya;

Lakukan Gerakan 3M
Gerakan 3M merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan guna mengurangi dampak Demam Berdarah. Langkah 3M yang meliputi menutup, menguras dan mengubur benda- benda di sekitar yang dapat memicu berkembang biaknya nyamuk Demam Berdarah.

Penerangan yang Cukup
Berikan penerangan yang cukup pada setiap ruangan karena nyamuk lebih menyukai tempat yang minim cahaya. Dengan pencahayaan yang cukup dapat menghindari gigitan nyamuk penyebab Demam Berdarah.

Gunakan pakaian lengan Panjang
Menggunakan pakaian dan celana panjang cukup efektif guna menghindari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah. Hal ini dapat diterapkan kepada anak-anak karena rentan alami Demam Berdarah.

Jaga Stamina Tubuh
Kunci agar terhindar dari penyakit Demam Berdarah salah satunya dengan menjaga stamina tubuh agar tidak mudah drop. Salah satu cara untuk meningkatkan stamina tubuh yaitu, dengan minum minum suplemen seperti, Fufang Ejiao Jiang. (jpg)

Update