Sabtu, 4 Februari 2023

Mulai Jalani Wamil Hari Ini, Tagar UntilWeMeetAgainJin Trending

Berita Terkait

Jin BTS (soompi)

batampos – Mulai jalani wamil hari ini, tagar UntilWeMeetAgainJin jadi trending di jagat medsos terutama twitter. Hari ini (13/12), Jin BTS mulai jalani wajib militernya.

Tagar UntilWeMeetAgainJin pun menjadi trending.
“Berhari-hari hanya dengan menangis,” kata seorang penggemar Korea Selatan, dengan akun Twitter @5heterotopia, kepada AFP.

“Ketidakhadiran Jin akan menjadi … kekosongan besar bagi saya,” kata Nimah Mustafa, seorang penggemar berusia 20 tahun di Dubai.

Di Korea Selatan, semua pria berbadan sehat harus menjalani wajib militer. Wamil ini berlangsung setidaknya selama 18 bulan.

Baca juga: Foto Terbaru Jin BTS Sebelum Wamil Ramai di Medsos

Perdebatan apakah k-pop idola BTS akan mnedapat pengecualian terjadi beberapa tahun terakhir ini sampai akhirnya pihak BTS mengonfirmasi pada bulan Oktober bahwa semua anggota akan mendaftar wamil.

“Jin yang bernama lengkap Kim Seok-jin akan memulai pelatihan selama 5 minggu pada hari Selasa,” kata kesatuan militer.

Sebenarnya Korea Selatan sendiri membebaskan musisi klasik dan beberapa atlet elit, seperti peraih medali Olimpiade, dari wajib militer, tetapi bintang pop tidak memenuhi syarat.

Namun, BTS telah mendapat manfaat dari revisi undang-undang wajib militer tahun 2020 yang menaikkan batas waktu pendaftaran untuk beberapa penghibur dari usia 28 menjadi 30 tahun. Jin, anggota tertua dari band, genap berusia 30 tahun pada 4 Desember kemarin.

Baca juga: Album Solo RM BTS ”Indigo” Debut di Posisi 15 Billboard 200

Kantor berita Yonhap melaporkan Jin diperkirakan akan dikerahkan ke unit ‘garis depan’ di dekat perbatasan dengan Korea Utara, yang secara teknis masih berperang dengan Korea Selatan.

“Kami meminta Anda untuk menyimpan kata-kata dukungan dan perpisahan yang mengharukan di hati Anda,” tulis label BTS, Big Hit Music.

Fans tercengang pada bulan Juni ketika grup tersebut mengungkapkan akan hiatus, dengan alasan kelelahan dan tekanan serta keinginan untuk bersolo karir. Tetapi para analis mengatakan pengumuman itu dilakukan pada waktu yang strategis karena tugas wajib militer.

Grup ini akan bersatu kembali sekitar tahun 2025, ketika ketujuh anggotanya telah menyelesaikan pelayanan mereka untuk negara. (*)

Reporter: JPGroup

Update