Kamis, 11 Agustus 2022

Minum 2 Cangkir Kopi Setiap Hari Sehatkan Jantung

Berita Terkait

Kunci Tampil Cantik Ada di 3 Jenis Makeup ini

Glossy dan Tahan Lama

Tawaran Gaji Rp 1,1 M untuk Pencicip Permen

Ilustrasi: Mengonsumsi kopi 2 cangkir sehari menurut penelitian menyehatkan jantung. (jawapos)

batampos – Minum 2 cangkir kopi setiap hari bisa sehatkan jantung. Manfaat kopi ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dilansir diabetes.co.uk pada Rabu.

Menurut hasil penelitian, batasan konsumsi kopi harian memang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi 2 cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 15 persen lebih kecil untuk mengalami komplikasi penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang minum kopi lebih banyak atau lebih sedikit.

Sebuah tim akademisi telah menemukan bahwa asupan kopi yang stabil setiap hari juga terkait dengan hidup lebih lama.

Selama penelitian, para ilmuwan memeriksa kesehatan jantung sekitar 400 ribu orang dewasa di atas usia 50 tahun, yang semuanya tidak memiliki masalah jantung sebelumnya. Setiap peserta mengisi survei untuk mencatat asupan kopi harian mereka.

Para peneliti menemukan bahwa minum 2-3 hingga cangkir kopi per hari dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Para peserta yang mengonsumsi 2 kopi setiap hari hingga 15 persen lebih terlindungi dari masalah kardiovaskular, seperti detak jantung tidak teratur, gagal jantung, dan penyakit jantung koroner.

Temuan memang menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein tidak menawarkan perlindungan yang sama seperti kopi instan dan kopi bubuk. Sebagai bagian dari penelitian, tim peneliti juga menilai kesehatan jantung orang dengan penyakit kardiovaskular.

Pasien Penyakit Jantung Boleh Minum Kopi

Peneliti menemukan bahwa peserta dengan penyakit jantung yang mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak minum secangkir kopi per hari, meskipun ada kekhawatiran bahwa kafein dapat memicu komplikasi jantung. Makanya, tetap perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

“Data kami menunjukkan bahwa asupan kopi setiap hari tidak boleh dianggap remeh, melainkan dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat untuk orang dengan dan tanpa penyakit jantung,” kata sang penulis, Profesor Peter Kistler.

“Studi kami menunjukkan bahwa asupan kopi secara teratur aman dan bisa menjadi bagian dari diet sehat bagi penderita penyakit jantung,” katanya.

Menurut penelitian, unsur-unsur di dalam biji kopi dikaitkan dengan pengurangan tingkat peradangan dan metabolisme yang lebih tinggi. Senyawa dalam kopi telah ditemukan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menghentikan reseptor yang terlibat dengan irama jantung abnormal.

Tim ilmuwan juga menemukan bahwa minum satu kopi per hari dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah.

Ada berbagai macam mekanisme di mana kopi dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kematian.

Tapi, ingat. Jangan menambahkan gula atau susu dan krim jika ingin kopi yang lebih sehat. (*)

Reporter : JP Group

Update