Rabu, 19 Juni 2024

Meta Kenalkan Teknologi Generator Gambar AI Baru, Dilatih dari Miliaran Foto Postingan dari Facebook dan Instagram

Berita Terkait

Ilustrasi: Gambar yang dihasilkan oleh generator gambar AI Meta. (Meta/Benj Edwards via arstechnica)

batampos – Meta memperkenalkan teknologi Generator Gambar AI (kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence)  baru, yang dilatih dari miliaran foto postingan publik dari Facebook dan Instagram.  Teknologi AI baru mulai menjadi bagian dari kehidupan dan sudah muncul dimana-mana. Hampir setiap layanan dan produk yang DIgunakan saat ini mungkin memiliki beberapa bentuk AI.

Meta, baru-baru ini memperkenalkan situs web pembuat gambar gratis bernama ‘Imagine with Meta AI’. Meskipun kecerdasan buatan ini saat ini terbatas pada beberapa pengguna, kecerdasan buatan ini mendapat banyak perhatian dan pujian atas kemampuannya.

Dilansir dari arstechnica, namun, informasi yang terungkap baru-baru ini tentang produk tersebut telah mengejutkan kita semua. Meta, perusahaan yang menaungi jaringan media sosial terbesar di dunia seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram, memiliki akses ke semua informasi kami.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan Kaya Zinc dan Vitamin D untuk Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Perusahaan sering membuat berita untuk menangani dan mengambil keuntungan dari data ini. Namun, pengungkapan terbaru berhasil mengejutkan. Menurut laporan, teknologi “Imagine with Meta AI” dibuat menggunakan foto Instagram dan Facebook pengguna.

Perusahaan ini menggunakan 1,1 miliar foto dari Instagram dan Facebook untuk melatih model kecerdasan buatan barunya. Menanggapi kekhawatiran tersebut, Meta membela tindakannya dengan mengklarifikasi bahwa mereka secara eksklusif menggunakan gambar dari posting-an publik, dan menegaskan bahwa privasi pengguna tidak dikompromikan.

Penting untuk diperhatikan bahwa menggunakan foto yang tersedia untuk umum tidak melanggar standar privasi. Meski demikian, beberapa pihak menafsirkan tindakan perusahaan ini sebagai potensi pelanggaran perlindungan data pribadi.

Meski demikian, 1,1 miliar foto tidaklah sebanyak yang Anda bayangkan. Misalnya, Instagram sendiri melihat unggahan harian sebanyak 95 juta foto dan video. Oleh karena itu, kemungkinan foto dan video Anda digunakan cukup rendah, meskipun ada kemungkinan, bisa saja digunakan.

Perlu dicatat juga, ‘Imagine with Meta AI’ saat ini hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat (AS). Diharapkan, teknologi yang sama dapat digunakan di negara lain di dunia tidak lama lagi.(*)

Reporter : jp group

Update