Sabtu, 29 Januari 2022

Menjajal All New Xenia, Andal dan Bertenaga di Tanjakan

Berita Terkait

Ada Promo Diskon Uang Muka di Jantastic Yamaha

Tampilan Baru Honda Revo Semakin Memikat

Daihatsu All New Xenia (Edy Pramana/JawaPos.com)

batampos.co.id – Daihatsu All New Xenia yang diluncurkan pada 11 November 2021 bisa dibilang sangat berbeda dengan pendahulunya. Tampilan eksterior-nya sepenuhnya baru. Sedangkan interior juga mengalami perubahan signifikan dengan sejumlah teknologi yang disematkan.

Hanya saja, perubahan besar yang dilakukan Daihatsu pada Xenia terbaru adalah sistem penggerak. Dari sistem gerak roda belakang (RWD) menjadi sistem penggerak roda depan (FWD). Secara umum, mobil dengan sistem penggerak roda belakang andal di jalan menanjak. Daihatsu sendiri mengklaim bahwa sistem penggerak roda depan tetap andal di tanjakan dan tetap nyaman. Tentu saja sebelum memutuskan untuk mengubah sistem penggerak, Daihatsu telah melakukan sejumlah survei dan menunjukkan sistem FWD tetap andal melibas tanjakan.

JawaPos.com turut membuktikan bahwa All New Xenia dengan sistem FWD andal dan bertenaga saat melibas tanjakan. Hal itu setelah Daihatsu bersama jurnalis, termasuk JawaPos.com, menjajal kenyamanan berkendara Daihatu All New Xenia bermesin 1.3L, dan 1.5L dengan varian ADS (Astra Daihatsu Styling), yang berlangsung pada 1-2 Desember 2021 bertempat di Jawa Tengah.

Mesin bertenaga dan responsif. Sementara, handling dan manuver lebih baik. Kemudi dan kopling lebih enteng sehingga membuat berkendara nyaman dan tak mudah lelah. Visibilitas juga lebih lega karena desain dasbor “mewah”.

JawaPos.com menjajal unit 1.3R MT atau transmisi manual. Selain trek lurus, juga melewati jalanan yang berlubang dan rusak. Di sini terbukti bahwa sistem penggerak roda depan memiliki sejumlah keunggulan. Noise di dalam kabin menjadi berkurang dan getaran juga sangat halus ketika melewati jalan berlubang ataupun rusak. Hal itu juga tak lepas dari suspensi yang makin mumpuni.

Dengan bodi yang lebih lebar dan panjang serta tinggi yang dikurangi, membuat mobil saat kecepatan tinggi tidak terasa limbung.


All New Xenia tetap nyaman melewati jalan rusak (Edy Pramana/JawaPos.com)

Tak hanya itu, dengan adanya 3 baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi sofa mode semakin memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Dalam hal fitur keselamatan, All New Xenia juga dibekali dengan teknologi ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag yang membuat penggunanya semakin aman, nyaman, dan nyaman saat berkendara.

Memasuki wilayah Magelang, test drive melalui jalanan menanjak dan berliku untuk menuju Semarang. Dan, JawaPos.com membuktikan bahwa All New Xenia andal dalam melibas tanjakan dan tenaga juga lebih baik. Selain itu, ketika melibas jalanan menurun dan berliku, pengendalian juga lebih halus dan tak limbung.

Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, menegaskan bahwa test drive dilakukan agar jurnalis bisa merasakan dan membuktikan kinerja sistem penggerak roda depan. “Kuat tidak menanjak? Perkembangan teknologi selalu ada. Dengan hasil riset, mesin penggerak roda depan tetap andal saat menanjak, baik secara langsung atau stop and go. Dengan kemiringan 18 derajat bisa. Test drive dilakukan untuk ikut membuktikan,” sebut Hendrayadi.

“Lantas, manfaat lain dari FWD salah satunya efisiensi bahan bakar, kabin lebih lega, dan perawatan lebih mudah,” imbuhnya.

“Melalui kesempatan test drive ini, Daihatsu All New Xenia telah terbukti nyaman, dan memiliki performa yang andal. Daihatsu berharap, All New Xenia dapat diterima oleh para keluarga di Indonesia sesuai tagline-nya, Xenia Sahabat Keluarga, dan menjadi suksesor sebagai kendaraan Low MPV pilihan utama yang berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

All New Xenia juga secara tampilan tampak menggunakan bahasa desain terbaru Daihatsu. Grille-nya berukuran besar, gegas, namun terpisah bagian atas dan bawah. All New Xenia punya dua tipe mesin yakni 1.500 cc dan 1.300 cc yang dapat dengan mudah dibedakan. Pasalnya, untuk tipe 1.5 ini, di bagian depan akan terlihat ada garis merah yang memanjang dari headlamp ke headlamp.

Selain itu, untuk yang tipe ADS, juga diberikan lower skirt berwarna hitam doff yang membuat tampilannya menjadi sporty. Daihatsu juga menyematkan lampu full LED yang desainnya sipit. Sedangkan untuk lampu kabutnya berbentuk lingkaran dan masih mengandalkan bohlam halogen warna kuning.

All New Xenia lebih panjang dimensinya ketimbang model terdahulunya. Di atas kertas, Xenia terbaru ini panjangnya 4.395 mm atau lebih panjang sekitar 20,5 cm dari yang lama. Lebarnya pun melebar, namun tak signifikan.

All New Xenia punya lebar 1.730 mm atau lebih lebar sekitar 7 cm. Dan tingginya berkurang 4 cm, menjadi 1.655 mm. Lalu untuk urusan jarak sumbu roda pun kini memanjang sekitar 9,5 cm menjadi 2.750 mm dan ground clearance atau jarak ke tanahnya meningkat sedikit menjadi 205 mm.

Di area samping, sama seperti depannya, tak tampak lagi garis desain Xenia yang lama. Kini Xenia hadir dengan tarikan garis baru yang lebih “berotot”. Model jendela belakangnya juga dibuat tajam, mengesankan desain yang lebih sporty ketimbang Xenia generasi sebelumnya. Di dalam kabin, All New Xenia khususnya model 1.5 R CVT ASA ADS juga tampil jauh beda dari model lawas. Lebih sporty dengan AC, kisi AC, headunit, setir yang tampak lebih modern dengan sentuhan digital.

Xenia tipe tertinggi kini juga tak pelit fitur dengan sudah punya fitur keselamatan ASA, sehingga fitur keselematannya jadi kian kompleks dan dibekali radar atau stereo camera di kaca depannya.

Mirip dengan ASA di Rocky, ASA di All New Xenia juga meliputi enam fitur keselamatan berkendara, yaitu Pre Collision Waring, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Depature Alert, Lane Depature Warning dan Lane Depature Prevention. (*)

Reporter : Jpgroup

 

Update