Minggu, 26 Mei 2024

Mengenal Jenis-Jenis Website Populer Sesuai dengan Tujuannya

Berita Terkait

Berenang Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Cara Tingkatkan Hormon Bahagia Secara Alami

batampos– Website menjadi media yang banyak digunakan untuk memberikan informasi, pesan, bahkan promosi. Website bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan organisasi, semua tergantung dengan tujuan penggunaan.

Banyaknya fitur di website dapat memberikan konsumen informasi selengkap mungkin terkait produk dan jasa yang ditawarkan. Jika Anda memilih menggunakan website, maka Anda perlu juga menentukan bagaimana mengoperasikan atau melakukan maintain. Pilih jasa maintenance website murah untuk menghemat budget operasi website.

Sebelum Anda memilih menggunakan website untuk kebutuhan tertentu, Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis website yang ada. Mengetahui jenis website dapat memberikan Anda pengetahuan tentang website mana yang sebaiknya dipilih.

1.Website Bisnis
Tujuan utama dari penggunaan website bisnis adalah memberi tahu calon klien dan konsumen tentang bisnis Anda dan membujuk mereka untuk mau bekerja sama. Beberapa poin yang ada pada website bisnis, diantaranya:

-Penjelasan layanan
-Biografi perusahaan (biasanya ada pada halaman tentang)
-Dasar-dasar perusahaan (alamat, nomor telepon, email, dan lainnya)
-Pernyataan misi
-Keunggulan bisnis
-Call-to-action

Pada bisnis yang menawarkan layanan baru atau unik, situs web bisnis memberikan kesempatan untuk menjelaskan apa yang mereka lakukan. Website bisnis yang baik dapat menyajikan semua informasi penting tentang perusahaan, tidak hanya dasar-dasar seperti alamat atau informasi kontak, tetapi juga informasi tambahan seperti biografi singkat karyawan yang bekerja atau pernyataan misi. Ide utama dari website adalah membuat orang mengenal perusahaan Anda dan tertarik untuk bekerja sama dengan Anda.

Situs website bisnis harus selalu mengikuti gaya branding perusahaan, jika Anda adalah perusahaan teknologi dengan segmentasi untuk anak muda, gaya desain website bisa menggunakan visual futuristik dan bahasa informal, sedangkan jika Anda adalah firma hukum untuk klien formal, bisa menggunakan visual tradisional dan bahasa profesional. Pastikan informasi yang tertera pada website memiliki alamat jalan dan informasi kontak memverifikasi bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya, bukanlah scam.

BACA JUGA: Inilah Penyebab Kecepatan Loading Website Lambat

2.Website E-commerce
Berbagai jenis desain situs web membutuhkan elemen yang berbeda. Saat membangun situs web e-commerce, Anda memerlukan komponen seperti ikon keranjang belanja yang memungkinkan pengguna menambah dan menghapus produk dan juga memungkinkan Anda menetapkan harga, menawarkan penawaran, dan menetapkan diskon. Anda memerlukan gateway pembayaran agar pengguna dapat menyelesaikan transaksinya.

Saat Anda membuat desain situs web e-commerce, penting untuk memikirkan tentang bagaimana pengunjung Anda akan berinteraksi dengan situs Anda. Kemungkinan besar, Anda ingin menawarkan diskon dan promosi di masa mendatang, jadi bangun fungsionalitas tersebut ke dalam situs Anda dari awal.

Permudah calon pelanggan untuk menemukan apa yang mereka inginkan dengan jumlah klik paling sedikit. Jangan lupa tentang foto produk. Banyak jenis situs web yang bergantung pada fotografi yang bagus, tetapi untuk situs web e-commerce, foto Anda dapat membuat atau menghancurkan penjualan Anda.

3.Website Pribadi
Situs website pribadi adalah untuk individu yang ingin eksis secara online untuk menyuarakan pendapat mereka, membantu prospek pekerjaan, atau membangun merek pribadi mereka sendiri. Sebagian besar situs web pribadi cukup sederhana, dengan gambar dan banyak teks. Karena situs web pribadi dibagikan dengan teman, keluarga, dan kolega secara manual, mereka biasanya tidak memerlukan alat penghasil prospek atau SEO.

4.Blog Berita
Website dengan konten berita dengan cepat menggantikan media cetak seperti koran dan majalah. Kebanyakan orang lebih suka mendapatkan berita mereka secara online dan fakta bahwa sebagian besar situs juga dapat diakses secara gratis. Sebagian besar website menggunakan fitur tag atau kategorisasi yang memungkinkan pengunjung memfilter jenis artikel yang mereka lihat, mirip dengan rubrik surat kabar seperti “Olahraga” atau “Hiburan”.

5.Penyedia Layanan
Situs seperti Netflix dan Google Translate biasanya merupakan situs yang dicari pelanggan. Website penyedia layanan ini dibangun berdasarkan apa yang ditawarkan dengan akses depan dan tengah di halaman beranda. Dalam kasus layanan berlangganan berbayar seperti Netflix, CTA langsung menjadi pusat perhatian. Misalnya, saat non anggota membuka Netflix, mereka melihat bilah untuk memasukkan email dan promosi penjualan singkat.

Seperti blog, situs penyedia layanan dapat ditambahkan ke situs lain. Ini adalah strategi pemasaran yang cermat untuk menarik pelanggan baru dan memberikan lebih banyak kemudahan kepada pelanggan yang sudah ada.
Penggunaan website dapat memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan calon klien atau calon pelanggan.

Jika Anda sudah memiliki website, maka langkah selanjutnya adalah mendesain website dengan informatif dan user friendly, sehingga pengunjung website dapat dengan mudah mengetahui informasi apa saja yang Anda berikan.

Website perlu dilakukan maintenance agar selalu tampil optimal. Anda dapat menggunakan jasa freelancer dari Fastwork untuk melakukan maintenance website Anda. Error pada website akan mudah dicegah jika menggunakan jasa maintenance dari freelancer berkompeten yang ada di Fastwork. Klik disini untuk mempekerjakan freelancer. (*)

Update