Senin, 27 Juni 2022

Mengembangbiakkan Mawar Impor, Cara Okulasi Lebih Baik

Berita Terkait

Tips Mulai Bisnis Dari Conten Creator

Tips Hindari Pinjol Ilegal

DOUBLE DELIGHT: Beberapa jenis mawar impor yang bunganya bertumpuk dengan banyak mahkota. Warnanya pun lebih cerah. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

batampos – Untuk mengembangbiakkan mawar impor di rumah, cara okulasi lebih baik dibandingkan setek batang. Harapan hidup tanaman mawar hasil okulasi lebih banyak dibandingkan setek.

Hal ini disarankan oleh Ketua Cihideung Rose Center Bandung, Ason. ”Kami di Cihideung Rose Center biasanya lebih merekomendasikan okulasi,” jelasnya.

Membiakkan mawar impor, kata Ason juga lebih mudah. Bunga mawar impor selain wanginya yang kuat, tanaman ini cenderung adaptif. Bisa ditanam baik di dataran tinggi maupun rendah.

Karena itu, jenis mawar impor tersebut masih sangat mungkin ditanam di halaman rumah. Apalagi, kata Ason, biasanya yang ditanam di dataran rendah lebih wangi dan muncul warnanya. Itu turut dipengaruhi asupan sinar matahari yang lebih banyak ketimbang dataran tinggi.

Baca juga : Tips Perawatan Adenium Bagi Pemula

Kata Ason, ada dua cara yang bisa digunakan gardeners untuk mengembangbiakkan mawar.

Pertama, pakai cara okulasi atau sistem tempel. Hal yang perlu dilakukan adalah menyediakan batang bawah dari tanaman mawar pagar yang sudah cukup tua. Lalu, potong calon batang bawah dari tanaman induk dengan hati-hati.

Tanam batang bawah ke dalam media tanam yang sudah disiapkan. Hasil terbaik diperoleh saat okulasi dilakukan pada umur 4 minggu setelah setek batang bawah ditanam.

Kemudian, siapkan batang atas dari varietas yang diinginkan. Calon batang atas yang baik adalah batang yang bunganya sedang mekar. Potong daun dan bunganya. Lalu, buat karatan di batang bawah dan batang atas mengikuti jaringan kayunya. Setelah itu, tempel dua batang tersebut dan ikat.

Yang kedua, bisa melalui setek batang. Ason menyarankan tidak menggunakan batang yang masih muda. Sebab, kandungan kambium cenderung masih sedikit sehingga berisiko cepat kering dan mati.

DOUBLE DELIGHT: Beberapa jenis mawar impor yang bunganya bertumpuk dengan banyak mahkota. Warnanya pun lebih cerah. (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

Untuk merawat mawar di rumah, Ason membagikan tips sebagai berikut:

1. Siram tiga kali sehari.
2. Berikan pupuk minimal seminggu sekali.
3. Letakkan di tempat yang banyak cahaya.
4. Jangan lupa disemprot dengan air setelah hujan. Sebab, air hujan kurang baik bagi pertumbuhan mawar.
5. Beri pestisida ketika mulai masuk musim hujan karena rawan terpapar penyakit.
6. Rajin potong tangkai yang sudah berbunga. Cara itu dapat membuat tanaman mawar Anda lebih cepat berbunga lagi. (*)

Reporter : JP Group

Update