Kamis, 8 Desember 2022

Maya Septa “Dokter Cinta” Ladeni Curhat Online

Berita Terkait

Maya Septha. (Instagram @mayaseptha7)

batampos – Beberapa tahun terakhir, Maya Septha jarang wira-wiri di layar kaca. Sebab, dia fokus mengurus tiga buah cintanya dari Krisna Wardhana Sidarta. Presenter 35 tahun tersebut jadi lebih produktif di media sosial. Maya aktif bikin konten atau sesi tanya jawab seputar percintaan untuk para pengikutnya. Bahkan, sebagian orang menjulukinya ’’Dokter Cinta’’ karena saran dan konsultasi online gratis Maya cukup jitu.

Maya sering kasih tips soal relationship. Bekal ilmunya dari mana, sih?

Aku sebenarnya hobi ikut beragam seminar, baik tentang pernikahan maupun ilmu parenting. Nah, aku merasa tertolong sama pengetahuan dan informasi dari kelas-kelas itu. Terus, juga dari buku-buku yang aku baca berkat rekomendasi di kelas itu. Makanya, aku sharing lagi di medsosku semua ilmu yang aku dapat.

Baca juga:WhatsApp Nantinya Bisa Sembunyikan Status Online dan Simpan Pesan Temporer

Apa Maya punya tujuan khusus bikin konten-konten tersebut?

Nggak ada, sih. Aku nge-share bukan karena merasa hebat, melainkan supaya informasi yang aku dapat tuh bisa membantu yang lain juga. Apalagi ilmu yang aku dapat ngebantu aku banget. Lagi pula, nggak semua orang dapat channel buat masuk ke kelas-kelas yang aku ikuti.

Kalau niat awal Maya ikut kelas-kelas itu apa?

Karena background aku kan dari orang tua yang bercerai. Jadi, aku takut itu akan terjadi sama kehidupanku. Makanya, aku ikut kelas supaya bisa meminimalkan permasalahan di masa depan. Jadi, pernikahanku berhasil dan nggak gagal.

Karena sering buka konsultasi online, Maya disebut Dokter Cinta. Gimana nih menurut Maya?

Hahahaha, nggak tahu aku, mah. Itu bisa-bisaan netizen aja.

Berarti sekarang isi DM (direct message) di Instagram Maya kebanjiran curhatan warganet dong?

Iya, banyak banget. Kadang pas aku baru live aja udah banyak yang curhat. Padahal, aku baru nyapa, hai, dan curhatannya langsung yang panjang-panjang, gitu. Hahaha seru, sih.

Selain di sesi live atau lewat fitur QnA, Maya buka konsultasi online ini di DM juga?

Iya, suka aku ladenin memang. Beberapa jawabannya memang aku taruh di feed kalau pertanyaannya dirasa umum dan banyak yang mengalami. Jadi, yang lain bisa baca juga. Aku kan nggak mungkin balas semua pertanyaan yang sama terus ke orang-orang. Tapi, itu pastinya udah dapat persetujuan dari si pengirimnya.

Selama ini, Maya selalu kasih konsultasi online gratis. Kenapa nggak dibuat berbayar aja?

Nggaklah, aku kan juga bukan ahlinya. Aku cuma jawab pertanyaan-pertanyaan yang umum. Aku sharing karena itu bikin aku happy walaupun nggak dapat apa-apa. Keuntungannya bisa bikin aku senang. Hehehe.

Komentar-komentar pedas pasti juga mampir di akun media sosial Maya terkait konten konsultasi hubungan, ya?

Pasti, kayak bilang ’’ah lo kayak yang paling pintar dan hebat aja’’ atau ’’macam pernikahan lo yang paling sempurna aja’’. Aku kan nggak bisa tahu isi pikiran orang dan mengaturnya. Jadi, ya sudah kalau nggak butuh (saran, Red). Kalau pikirannya jelek, biarin aja itu urusannya sendiri.

Rumah tangga nggak pernah tersentuh gosip miring. Lalu, apa tips dari Maya supaya pernikahan langgeng dan harmonis?

Setiap orang kan berbeda-beda kebutuhannya. Jadi, dasarnya memang kita harus mengerti dulu karakter suami atau istri kita. Terus, tanya ke mereka karena kemauan dan kebutuhan orang juga beda-beda. Komunikasi juga harus lancar, tanyain sendiri ke pasangan masing-masing. Semakin kita mengerti pasangan, makin baik hubungannya.

Setiap hubungan pasti pernah terjadi perselisihan. Gimana cara Maya supaya itu tidak membesar?

Bergantung gimana cara kita nyikapinnya. Kalau aku, dianalisis dulu nih perselisihannya karena apa? Kalau hal besar, kami mencoba saling mengerti, lalu diskusi cari solusinya bareng-bareng. Sedangkan hal-hal kecil kayak suami sering lupa nutup pintu lemari, itu aku udah ada di fase menerima. Awalnya memang aku tegur, tapi sekarang, ya udahlah, aku tutup sendiri aja pintunya. Lebih banyak ikhlas, lebih banyak bahagia. (*)

Reporter: jpgroup

Update