Jumat, 7 Oktober 2022

Makanan dan Minuman Terbaik saat Berpuasa

Berita Terkait

Konsumsi pisang untuk hindari sembelit dan gas (shutterstock)

batampos – Makanan dan minuman terbaik saat berpuasa baik bagi kesehatan pencernaan. Selain buah kurma untuk berbuka, buah pisang jadi pilihan tepat untuk menu pendamping usai makan berat saat berpuasa.

Puasa melatih seseorang untuk mengendalikan makan dan minum agar tidak berlebihan dan membatasi diri saat sahur dan berbuka. Menu yang dipilih pun harus beragam dengan gizi seimbang. Jangan sampai setelah buka puasa atau sahur, perut jadu kekenyangan berefek pada diare dan juga sembelit.

Baca juga:Intan Nuraini Berbagi Tips Sehat selama Ramadan, Rutin Minum Susu Segar

Selama Ramadan,penting untuk makan dengan benar dan mengikuti tips yang direkomendasikan para ahli untuk menjaga tingkat energi tetap terisi. Celebrity Nutritionist Rujuta Diwekar dari India membagikan beberapa tips makanan terbaik selama bulan Ramadan 2022 yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Dilansir dari NDTV, Senin (19/4), inilah tiga tips makanan terbaik untuk Ramadan 2022 oleh Celebrity Nutritionist Rujuta Diwekar. Tentunya dibagi menjadi menu sahur, menu berbuka, hingga makanan pendamping selama Ramadan.

1. Pilihan Makanan untuk Sahur

Rujuta Diwekar menyatakan bahwa susu dan buah mungkin adalah cara terbaik untuk mengakhiri makan sahur. Dia menyarankan bahwa milkshake buah juga bisa menjadi ide bagus untuk pagi hari, karena susu mencegah rasa haus dan penambahan buah membantu memperlancar pencernaan.

2. Pilihan Makanan saat Berbuka

Setelah berpuasa sepanjang hari, tibalah saatnya Anda akhirnya bisa berbuka puasa. Daripada langsung menyantap makanan berat, Rujuta Diwekar menyarankan untuk berbuka dengan yogurt dan kurma.

“Kombinasi tradisional kurma untuk menjaga tubuh tetap dingin dan mencegah makan berlebihan saat makan malam,” katanya.

3. Makanan dan Minuman Pendamping atau Camilan

Puasa Ramadan yang dilakukan selama berminggu-minggu pasti dapat memengaruhi tubuh dan proses pencernaannya. Ia menyarankan beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mengakhiri makan malam.

Misalnya, pisang utuh dapat dikonsumsi untuk menghindari sembelit dan gas. Ia juga merekomendasikan camilan biji-bijian utuh dapat menjaga tingkat energi tetap tinggi pada hari berikutnya.(*)

Reporter: jpgroup

Update