Rabu, 19 Juni 2024

Luka Memar dan Lebam Bisa Hilang Tak Berbekas, Begini Cara Penanganannya

Berita Terkait

Ilustrasi memar secara tiba-tiba. (freepik)

batampos – Luka memar atau lebam bisa dialami kapan saja dan oleh siapa saja.

Memar atau lebam bisa terjadi akibat adanya trauma pada fisik. Memar juga sebagai tanda munculnya pendarahan di area bawah kulit.

Langkah awal yang paling penting adalah menentukan apa yang menyebabkan lebam atau memar tersebut. Sehingga penangannya bisa sesuai bahkan tak berbekas.

Dikutip dari channel YouTube Kata Dokter, masa proses penyembuhan luka memar juga beriringan dengan seberapa parah dan dalam luka.

Pada tahap awal memar, biasanya berwarna kemerahan. Ini karena adanya darah yang keluar dari pembuluh darah serta terakumulasi di area kulit bawah.

Baca juga: Resep Seblak Kwetiau Pedas Gurih

Dalam kurun waktu tertentu, darah akan berubah warna menjadi kebiruan, ungu ataupun hitam. Ini menjadi pertanda bahwa darah tidak mendapat oksigen yang cukup sehingga hemoglobin yang seharusnya merah menjadi kebiruan.

Namun, saat menjelang sembuh biasanya warna memudar, dan menjadi warna kehijauan. Kemudian, memudar menguning, hingga kembali normal.

Diperkirakan penyembuhan luka memar bisa sampai 10 hari.

Hanya saja, jika luka memar tergolong parah bisa menyebabkan bekas luka yang permanen yang tentunya sungguh mengganggu tampilan.

Untuk menghilangkan bekas luka memar, ini 2 cara ampuhnya:

Baca juga: Begini Cara Mengaktifkan BCA Paylater Secara Online

1. Pahami sebab luka
Dengan memahami sebab luka, maka akan diarahkan pada penanganan yang tepat.

Misalnya, hanya membutuhkan istirahat.

Mengistirahatkan area tubuh yang terkena luka memar juga disarankan. Karena, semakin banyak aktivitas pada area memar, hanya akan menambah rasa sakit dan memperlambat proses penyembuhan.

2. Kompres dengan air es
Air es yang dingin bisa menjadi upaya untuk menghentikan pelebaran area luka memar. Air es yang dingin juga bisa menghambat peradangan.

Namun, jangan langsung menempelkan air es ke kulit, melainkan menggunakan lapisan penutup.

Tempelkan pada area luka memar selama 10 menit dan dilakukan 3 jam sekali. Selamat mencoba. (*)

Sumber: Jpgroup

Update