Senin, 22 April 2024

Lima Makanan yang Baik bagi Otak dan Kesehatan Mental

Berita Terkait

Ikan dengan Omega 3 baik untuk otak dan kesehatan mental atau mencegah depresi. (halodoc)

batampos – Lima makanan ini baik bagi otak dan kesehatan mental. Mengkonsumsinya diyakini dapat meningkatkan fungsi kognitif serta mencegah gejala depresi. Makanan seperti ikan dengan omega tiga, dark coklat dan sayuran hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memperlambat penurunan fungsi kognitif pada otak. Dilansir dari Deseret News, berikut lima makanan yang baik bagi otak dan kesehatan mental.

1. Sayuran Hijau

Satu porsi sayuran hijau setiap hari dapat meningkatkan fungsi otak yang mencakup memori, waktu respon mental, dan proses pengambilan keputusan. Penelitian tahun 2018, mengungkapkan bahwa para lansia yang mengkonsumsi satu porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kognitif 11 tahun lebih muda dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi sayuran hijau.

Baca juga:Larissa Chou Sah Dinikahi Ikram Rosadi, Berfoto Ceria Bersama Anak

2. Dark Cokelat

Dark cokelat atau cokelat hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena mengandung serat, zat besi, magnesium dan antioksidan. Penelitian tahun 2020 menemukan bahwa makan kakao flavonol tinggi (70 persen cokelat hitam atau lebih tinggi), dapat meningkatkan fungsi kognitif dan neuroplastisitas pada orang dewasa. Cokelat hitam juga memiliki efek positif pada orang dengan gangguan kesehatan mental.

3. Ikan dengan Omega-3

Ikan seperti salmon, tuna, dan ikan teri yang kaya kan asam lemak omega-3 memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan otak. Penelitian yang diterbitkan jurnal Neurology, mengungkapkan orang dewasa yang mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 memiliki volume hipokampus yang lebih besar. Hipokampus berperan penting pada memori otak dan pembelajaran.

4. Kacang

Menurut penelitain yang diterbitkan jurnal Clinical Nutrition mengkonsumsi kacang satu genggam sehari dapat menurunkan resiko depresi 17 persen lebih rendah. Para peneliti juga menemukan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi 30 gram kacang-kacangan, lebih kecil kemungkinan untuk mengkonsumsi antidepresan atau mengalami depresi.

5. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, rasberry, dan blueberry kata akan flavonoid yang dapat meningkatkan daya ingat dan memperlambat penurunan fungsi kognitif terkait usia. Penelitian yang dilakukan oleh King’s College London, menemukan bahwa segenggam blueberry liar sehari dapat meningkatkan fungsi otak.(*)

Reporter: jp group

Update