Selasa, 23 April 2024

Lima Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Berita Terkait

Ilustrasi mata (Pinterest/Rodeo)

batampos – Mata adalah organ sensorik yang penting pada tubuh manusia dan banyak makhluk hidup lainnya. Fungsi utama mata adalah untuk mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian dikirimkan ke otak untuk diinterpretasikan sebagai gambar atau visual.

Menjadi salah satu hal penting dalam organ tubuh, mata juga harus dirawat dengan berbagai cara misalnya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Baca Juga:Penderita Obesitas Tak Disarankan Olahraga Lari

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin untuk mata, serta melengkapinya dengan suplemen tambahan bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata.

Seperti dilansir dari laman CNet, berikut sederet makanan yang baik dan dipercaya dapat menjaga kesehatan mata.

1. Brokoli

Sebuah studi yang dipromosikan oleh American Optometric Association menemukan bahwa indole-3-carbinol, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat membantu menghilangkan racun dari retina.

Hal itu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa lanjut usia. Brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga melindungi mata.

2. Ikan Salmon

Menjaga kesehatan mata berarti menjaganya tetap terhidrasi. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan mata bisa bermanfaat. Ikan salmon misalnya, mengandung asam lemak omega-3.
Hal ini membantu mengurangi risiko mata kering, suatu kondisi tidak nyaman yang semakin umum terjadi seiring bertambahnya usia.

3. Wortel

Kita mungkin pernah mendengar ini sebelumnya, bahwa wortel adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata.
Sebagai permulaan, buah ini mengandung banyak beta-karoten, antioksidan yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A.

Vitamin A membantu kita melihat di malam hari dan melindungi dari miopia (rabun jauh). Ditambah lagi, wortel juga mengandung lutein, antioksidan lainnya. Yang ini dapat membantu kita menurunkan risiko Age-related macular degeneration (AMD) yaitu penyakit mata yang dapat memburuk dari waktu ke waktu jika dibiarkan tanpa penanganan.

4. Bayam

Bayam merupakan sumber nutrisi lengkap dan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Daun hijau yang mengandung banyak lutein, yang tercatat sebagai komponen kunci kesehatan mata. Dan bayam juga mengandung zeaxanthin.

5. Telur

Telur ternyata memiliki hampir semua yang dibutuhkan mata, mulai dari lutein dan zeaxanthin hingga zinc dan vitamin A.
Sebuah penelitian pada 2019 menyimpulkan bahwa makan telur dalam jumlah sedang (sekitar dua hingga empat butir telur per pekan) secara teratur dapat mengurangi kolesterol secara signifikan, dan risiko AMD. (*)

Reporter: jpgroup

Update