Kamis, 8 Desember 2022

Konsumsi Asam Folat, Salah Satu Cara Agar Promil Berhasil

Berita Terkait

Ilustrasi ibu yang sedang mengandung. (jawapos.com)

batampos – Mengonsumsi asam folat adalah salah satu cara agar promil (program hamil) berhasil. Cara lainnya adalah stop merokok dan menjalani gaya hidup sehat.

Jadi para pasutri sudah siap untuk memiliki momongan, bisa melakukan hal ini, sembari tetap berkonsultasi dengan dokter.

Promil atau program merencanakan kehamilan adalah suatu rangkaian langkah, kegiatan atau serangkaian aktivitas yang dapat dilakukan oleh suatu pasangan agar bisa segera mendapatkan kehamilan. Promil yang dijalankan oleh setiap orang itu berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasangan suami istri.

Bagaimana caranya agar promil bisa tokcer alias berhasil?

Ahli Kebidanan dan Kandungan, khususnya tentang Program Kehamilan (Promil), dr. Yassin Yanuar MIB, Sp.OG,-KFER, MSc, yang juga Chief Executive Officer Klinik Bamed menjelaskan, promil sangat baik untuk semua pasangan yang baru menikah maupun bagi pasangan yang sudah lama menikah.

Baca juga : Sebelum Merencanakan Kehamilan, Ada Baiknya Lakukan Skrining Jasmani

Promil fokusnya semata-mata tidak hanya untuk mendapatkan kehamilan, tapi juga mempersiapkan diri calon ayah dan calon ibu secara fisik dan mental untuk menghadapi kehamilan sehingga calon ibu dapat mengalami kehamilan yang sehat.

“Promil juga fokus untuk memperbaiki dan memaksimalkan proses pembentukan sel telur dan sperma yang sehat sehingga janin yang dikandung akan sehat juga,” jelasnya dalam webinar baru-baru ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Promil. Apa Saja?

Tak Mengalami Gangguan Reproduksi
Jika pasangan yang baru menikah di bawah satu tahun tapi tidak kunjung hamil dan tidak memiliki tanda-tanda gangguan kesuburan, program hamil alami dapat dilakukan dengan cara berhubungan seksual teratur 2-3 hari sekali, konsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur.

Mengalami Gangguan Kesuburan
Bagi pasangan yang usia istrinya sudah lebih dari 35 tahun, dan atau haidnya tidak teratur atau jarang, mengalami rasa nyeri berat saat haid, dan usia pernikahannya sudah lebih dari satu tahun tapi tidak kunjung hamil, diharapkan untuk segera mengunjungi dokter kandungan untuk melakukan berbagai tes atau skrining kesehatan agar dapat mendeteksi kesehatan dan mencegah berbagai kemungkinan di kemudian hari.

Baca juga : Perawatan Kulit untuk Ibu Hamil, Hindari Retinol hingga BHA

Tips Agar Promil Tokcer

1. Gaya Hidup Sehat
Tahapan yang pertama harus dilakukan yaitu menjaga gaya hidup sehat dengan menjaga berat badan ideal, mengatur pola makan sehat, olahraga teratur. Calon ibu dan calon ayah memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui ada tidaknya masalah kesehatan yang perlu ditangani.

2. Konsumsi Asam Folat
Kemudian pasangan yang sedang merencanakan kehamilan akan diberikan suplementasi asam folat, vitamin B9, dan zat gizi lainnya yang bersifat antioksidan yang terdapat pada sayuran dan buah.

3. Stop Merokok
Selanjutnya, pasangan diharapkan untuk meninggalkan gaya hidup yang merusak, seperti, merokok, konsumsi alkohol, zat-zat terlarang, serta menghindari polusi atau zat yang mengandung dioksin atau radikal bebas.

Jika Tak Berhasil?
Jika pasangan sudah menjalani program hamil alami tapi tidak kunjung hamil, pilihan program kehamilan lainnya yang dapat dilakukan adalah inseminasi (intrauterine insemination) dan bayi tabung. Selain itu selama menjalani tahapan promil, pasangan dapat melakukan akupunktur promil untuk mendukung prosesnya. (*)

Reporter : JPGroup

Update