Selasa, 28 Mei 2024

Konsumsi Apel Terlalu Banyak Buruk Akibatnya untuk Tubuh

Berita Terkait

Ilustrasi apel. (Pexels/Suzy Hazelwood)

batampos – Meski apel kaya nutrisi namun mengonsumsi apel secara berlebihan buruk akibatnya untuk tubuh.

Salah satunya adalah merusak gigi, seperti yang dilansir laman Eat This, Not That!, Rabu (17/4).

Apel adalah buah yang bersifat asam. Sehingga makan apel terlalu banyak lebih dapat merusak gigi dibandingkan minuman soda tertentu.

Namun, hal tersebut dapat dihindari jika dikunyah dengan gigi belakang atau jika dimakan bersamaan dengan waktu makan sebagai camilan.

Selain merusak gigi, apel yang kaya kandungan vitamin C dan potasium ini jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan:

Baca juga: Sheila On 7 Akan Gelar Tur Konser ‘Tunggu Aku Di’ Mulai Juli di 5 Kota

1. Masalah pencernaan

Kita semua membutuhkan serat dalam makanan kita, tetapi jika mengonsumsinya terlalu banyak, hal itu dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung dan
sembelit.

Manusia membutuhkan antara 20 dan 40 gram serat per hari, tergantung usia dan jenis kelamin, dan jika melebihi 70 gram, sering kali dianggap terlalu banyak.

Untuk itulah penting mempertimbangkan sumber serat lain dalam makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian gandum, dan sayur-sayuran.

2. Kadar gula darah naik turun

Karena apel tinggi karbohidrat, apel dapat memberikan ledakan energi sebelum atau sesudah berolahraga. Namun, jika memakan apel terlalu banyak, dapat mengalami
fluktuasi gula darah dan mengalami gejala ‘hanger’ atau lapar dan marah (hangry), dan itu juga bisa membuat seseorang menginginkan lebih banyak gula.

3. Secara tidak langsung mengonsumsi pestisida

Sayangnya, apel selalu menempati urutan teratas dalam buah-buahan dan sayuran dengan residu pestisida tertinggi setiap tahunnya.

Namun, jumlah apel yang perlu dikonsumsi agar bahan kimia tersebut benar-benar memberikan efek negatif pada tubuh adalah jumlah yang sangat banyak.

Baca juga: Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Menurut analisis dari Alliance for Food and Farming (AFF), perempuan dapat mengonsumsi hingga 850 apel sebelum pestisida tersebut menimbulkan efek buruk pada tubuh.
Walau demikian, penting untuk mengetahui apa yang dikonsumsi sehari-hari.

4. Menambah berat badan

Karena apel penuh dengan karbohidrat sehat yang memberi tubuh bahan bakar yang dibutuhkan untuk bergerak dan beraktivitas, banyak pakar kesehatan yang
merekomendasikan apel.

Namun, bila mengonsumsi apel lebih dari satu atau dua kali sehari, hal itu bisa menyebabkan berat badan bertambah atau kesulitan menurunkan berat badan. (*)

Sumber: Jpgroup

 

Update