Rabu, 17 Agustus 2022

iPhone 14 Bakal Hadir dengan Dilengkapi Pemindai Sidik Jari

Berita Terkait

Ilustrasi; iPhone 13 Series. Seri iPhone 14 mungkin hadir dengan fungsi pemindai sidik jari di bawah layar. f. Frandroid

batampos – Seri iPhone 13 baru saja beredar di pasaran selama kurang lebih tiga bulan. Meski masih seumur jagung, buat para tech enthusiast khususnya Apple Fanboys, hal ini tak lantas membuat mereka puas dan telah menunggu terobosan yang akan hadir di iPhone gene­rasi berikutnya.

Jika tak ada perubahan nama, iterasi berikutnya dari iPhone 13 sesuai angka maka akan menjadi iPhone 14. Nah, untuk iPhone generasi berikutnya nanti, telah muncul dugaan awal bahwa seri tersebut akan kembali mengemas fitur pemindai sidik jari atau fingerprint scanner.

Kemudian, dari laporan sejauh ini, tampaknya seri iPhone 14 akan jauh lebih baik daripada seri iPhone 13. Hal itu jelas mengingat perangkat terbaru seharusnya memang lebih baik dari seri terdahulunya.

Menurut laporan dari Tiongkok, Apple bermaksud mengembalikan fungsi pemindai sidik jari ke model andalan iPhone. Selain itu, seri iPhone 14 mungkin hadir dengan fungsi pemindai sidik jari di bawah layar.

Perlu dicatat juga, spekulasi seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelum hadirnya iPhone 13 series, ada kabar yang menyebutkan kemungkinan akan menggunakan sensor sidik jari juga.

Mitra Apple termasuk Samsung, Qualcomm, pabrik hardware sentuhan Hon Hai Group, dan lainnya disebut akan kembali mendukung langkah Apple dalam mengembalikan fitur ini ke perangkat iPhone 14.

Sebagai informasi juga, buat yang tak mengikuti seri iPhone, sejak seri iPhone X, semua iPhone flagship sudah menggunakan Face ID atau pengaman biometrik berbasis pengenalan wajah. Sejak saat itu, fitur pemindai sidik jari ditanggalkan.

Meski pembuka kunci pengenalan wajah sudah menjadi metode pembukaan kunci utama untuk produsen ponsel cerdas, banyak produsen Android lebih suka menggunakan pengenalan wajah dan membuka kunci sidik jari atau dengan kata lain memadukan keduanya. Hal ini dinilai lebih nyaman bagi pengguna.

Untuk pengguna Apple, Face ID memiliki risiko keamanan tertentu sehingga ada keluhan terkait hal ini. Lebih buruk lagi, pandemi memperkenalkan wajib memakai masker dalam banyak keperluan masyarakat sehari-hari.

BACA JUGA: Patennya Disetujui, Apple Siap Ramaikan Tren Perangkat Lipat

Tentu saja fitur Face ID tidak akan bisa digunakan saat mengenakan masker. Karena virus Covid-19 sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat, Apple tampaknya perlu berimprovisasi terkait fiturnya agar tak merepotkan pengguna dan mengembalikan pemindai sidik jari mungkin adalah pilihan tepat. Selain kemungkinan pengenalan sidik jari baru di seri iPhone 14, ada juga berita bahwa model Pro dan Pro Max dapat mengadopsi layar berlubang.

Layar dengan nama lain sebagai punc hole display ini secara teknis memang akan membuat perangkat memiliki rasio layar ke bodi jadi lebih tinggi.

Selain itu, sebelumnya, menurut Ming-Chi Kuo, analis Apple, menyebut kalau iPhone 14 series mungkin tidak menggunakan penyimpanan internal 64 GB. Seluruh seri iPhone 13 dimulai pada 128 GB. (*)

Reporter: JP Group

Update