Selasa, 4 Oktober 2022

Ingin Turunkan Tekanan Darah Secara Alami, Cobalah dengan Merawat Kucing

Berita Terkait

 

ILUSTRASI. Merawat kucing, membelainya bisa mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah. (jawapos.com)

batampos – Memelihara kucing diyakini sebagai salah satu cara menghilangkan stres dan menurunkan tekanan darah secara alami. Tekanan darah yang tinggi terus menerus dapat memicu penyakit lain seperti stroke, jantung hingga gagal ginjal.

Pasien dengan tekanan darah tinggi harus minum obat untuk menjaga agar tekanan darahnya stabil. Namun seperti dilansir Science Times, Selasa (29/3), ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengurangi tekanan darah secara alami.

Apa saja?

1. Merawat Kucing

Yang satu ini benar-benar mengejutkan. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa memiliki kucing adalah cara yang bagus untuk mengurangi tekanan darah. Main dengan kucing yang mendengkur dan membelai bulunya dapat menenangkan tingkat stres dan menurunkan tekanan darah Anda dengan sangat cepat.

2. Cobalah Bahan Herbal

Saat stres meningkat, itu membuat jantung Anda berdebar kencang, pikiran dibanjiri pikiran cemas, dan jantung terbakar di dada. Bagi sebagian orang, stres ini berlangsung lama. Untuk mengurangi stres dan peradangan cobalah menambahkan herbal seperti kunyit dan chamomile ke dalam teh untuk mengurangi stres.

3. Batasi Layar

Mengonsumsi banyak informasi di media sosial dan sumber berita online dapat meningkatkan tingkat stres. Orang-orang yang menghabiskan terlalu banyak waktu online mengarah pada tingkat tekanan darah yang lebih tinggi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Dengan membatasi waktu layar di ponsel dan TV Anda menjadi sekitar satu jam sehari, Anda dapat mengurangi tekanan darah dengan lebih mudah.

4. Tidur yang Cukup

Kurang tidur adalah penyebab lain dari tekanan darah tinggi. Ketika Anda tidak tidur nyenyak, otak Anda tidak dapat mengatur hormon dan jalur lain secara efektif. Ini berarti bahwa sinyal yang mengatur penyempitan pembuluh darah dan arteri serta detak jantung Anda menjadi tidak sinkron. Ini dapat menyebabkan lebih banyak masalah tekanan darah. Fokus pada pengaturan waktu tidur yang teratur untuk diri sendiri. Batasi asupan kafein. Ruangan yang sejuk dan gelap untuk tidur, dan matikan teknologi setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak cairan di siang hari. Mulailah dengan minum lebih banyak air. Air mengencerkan darah sehingga lebih mudah mengalir melalui pembuluh darah. Air juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuang limbah.

6. Tukar Kopi dengan Teh Hijau

Teh hijau telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang yang beralih dari kopi. Kopi memiliki cara untuk membuat kelenjar adrenal Anda bekerja terlalu keras yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelelahan adrenal. Cobalah mengganti dengan secangkir teh hijau hangat .

7. Tarik Napas Dalam

Yoga meningkatkan tekanan darah pada orang yang berlatih secara teratur. Bukan hanya karena gerakannya meningkatkan aliran darah, tetapi juga karena pernapasan yang dalam dan terkontrol. Atau cukup mengambil napas dalam beberapa menit setiap hari. Dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan dan kemudian menghembuskannya secara perlahan, Anda dapat langsung memberikan darah dorongan oksigen dan menurunkan tingkat stres. (*)

Reporter : Jpgroup

Update