Jumat, 12 Agustus 2022

Ikut Protes Militer, Aktor Tenar Myanmar Ini Dipenjara 3 Tahun

Berita Terkait

Paing Takhon, ( F Instagram @paing_takhon)

batampos – Pengadilan militer Myanmar menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada Paing Takhon. Takhon merupakan aktor tenar sekaligus model pria Myanmar yang turut memprotes pemerintahan junta militer.

Militer menyangkakan kasus penghasutan terhadap Takhon. Dia diadili bersama penulis Than Myint Aung, Senin (28/12/2021) lalu.

Keduanya kini ditempatkan di penjara Insein, Yangon.

Paing Takhon merupakan selebriti papan atas Myanmar. Usianya baru 25 tahun, dan sudah berkiprah bukan hanya di Burma tapi juga di negara tetangganya seperti Thailand dan Kamboja. Dia dikenal sebagai sosok aktor berjiwa nasionalis. Dia bahkan turut berpartisipasi aktif dalam protes anti-kediktatoran junta militer yang membuatnya ditahan.

Dalam persidangan militer itu, Paing Takhon tidak diberikan kesempatan untuk berbicara dan membela diri. ” Hakim dan penyidik polisi menunjukkan foto-foto Paing Takhon yang diserahkan polisi dalam berkas kasus dan menanyakan apakah dia ikut serta dalam protes itu. Ketika dia dengan tegas mengatakan turut melakukannya, maka hakim langsung menghentikan kasus, memutuskan hukuman kepadanya,” ujar seorang pengacara Takhon yang juga prodemokrasi.

Selain Takhon dan penulis, pengadilan militer Myanmar juga menjadwalkan persidangan kepada 10 pejabat pro-demokrasi. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak

Update