Sabtu, 4 Februari 2023

Fasilitas Bengkel Dikunjungi Lebih dari 12 Ribu Pemudik 

Berita Terkait

Tips Mengolah Daging Lebih Sehat

Antikanker dalam Rendaman Jamur Reishi

ILUSTRASI perawatan rem kendaraan. pedal rem pada kendaraan umumnya tidak bisa dihentikan secara mendadak dan langsung berhenti di lajur jalan tol.(automotivejov.com.au)

batampos – Momen libur Lebaran telah usai, dan masya­rakat telah kembali melanjutkan rutinitas masing-masing. Berdasarkan data mudik Lebaran dari indonesiabaik.id, terjadi kenaikan mobilitas pemudik secara signifikan. Tercatat lebih dari 85 juta pemudik pada 2022 ini, atau naik hingga 256% dibandingkan 2019 lalu sebelum terjadinya pandemi Covid-19, yakni sekitar 33 juta pemudik.

Dari kenaikan jumlah pemudik tersebut, Daihatsu melalui salah satu fasilitasnya Bengkel Siaga yang tersebar di 65 area di seluruh Indonesia demi mendukung kelancaran aktivitas para pemudik juga mengalami kenaikan unit entry atau kunjungan dari para pemudik.

Tercatat 2022 ini sebanyak lebih dari 12 ribu pemudik berkunjung ke bengkel siaga, atau naik sebanyak 166% dibanding mudik 2019 lalu sebanyak 7 ribu kunjungan.
Ada pun secara persentase, sebanyak 52% pemudik banyak yang melakukan service ringan, 47% servis berkala, dan 0,4% servis body repair.

Sedangkan pada fasilitas pos siaga, terdapat 6 area Pos Siaga Daihatsu seperti di Lampung, Cikampek, Cipali, Salatiga, Jombang, dan Paiton. Dari keseluruhan Pos Siaga, tercatat 215 unit kendaraan yang berkunjung untuk memanfaatkan fasilitas seperti perawatan kendaraan, area beristirahat, cek kesehatan gratis, dan promo pembelian oli.

Secara persentase, tercatat sebanyak 63% pemudik melakukan servis ringan (rem, aki, ganti oli), 32% general repair (AC, Transmisi, steering), dan 4% servis berkala. Seperti diketahui, aktivitas mudik menggunakan mobil pribadi dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah beragam kondisi yang menantang lainnya yang dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri, sehingga agar kondisi mobil tetap prima pasca digunakan mudik dan siap digunakan beraktivitas kembali, berikut tips dari Daihatsu:

1. Jaga kebersihan eksterior & interior agar tetap berkilau, seperti cuci dengan shampoo mobil, hilangkan baret dengan compound, bersihkan sisa makanan/minuman, vacuum seluruh interior, lap panel & beri pengharum.

2. Cek komponen mesin, transmisi, gardan, dan rem. Pastikan tidak ada tetesan atau kebocoran oli, cairan tidak berubah warna, dan perhatikan level cairan di antara min-max.
3. Cek kondisi aki, pastikan level cairan aki cukup bagi yang menggunakan aki basah, casing tidak retak atau menggelembung, dan tidak ada korosi di terminal (-).

4. Jangan lupa cek bagian kelistrikan seperti bohlam indikator pada odometer, kelayakan kondisi kabel (tidak ada yang putus atau sobek), dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada komponen.

5. Biar makin nyaman, kita intip kondisi kaki-kaki, dan ban. Pastikan karet tidak sobek, dan tidak ada baut yang kendur, tekanan angina pada ban cukup, tidak ada baret dan benjolan, serta bersihkan ulir ban dari kerikil yang terselip.

BACA JUGA: Bengkel Siaga Mitsubishi di Akhir Tahun, Pastikan Rasa Aman & Tenang

Bagi pelanggan yang tidak ingin repot, dapat mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat di kota Sahabat, atau dapat menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898. Pelanggan juga dapat memanfaatkan Program “Traktiran AstraPay” untuk mendapatkan layanan free interior pro cleaner seharga Rp 90.000, serta “Kinclongin” Free Poles All Body untuk minimum pengecatan 3 panel, serta diskon 25% untuk pengerjaan AC. Program ini berlaku di seluruh Jaringan Bengkel Astra Daihatsu (syarat & ketentuan berlaku).

“Sahabat dapat menjaga kendaraan Daihatsu-nya agar kondisi tetap prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. Sahabat dapat mempercayakan mobil Daihatsu kesayangannya di bengkel resmi Daihatsu terdekat agar dilakukan perawatan secara maksimal oleh para mekanik handal Daihatsu,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. (*)

Reporter: JP Group

 

Update