Kamis, 25 April 2024

Heroik, Tonton 5 Film Perjuangan dan Biografi Pahlawan Indonesia di Hari Kemerdekaan

Berita Terkait

Film Sang Pencerah (Instagram @moniquestheresia)

batampos- Negara Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus. Suasana peringatan kemerdekaan sudah bisa dirasakan masyarakat sejak memasuki bulan kedelapan ini.

Selain itu, peringatan kemerdekaan juga menjadi momen yang tepat untuk mengenang jasa para pahlawan. Salah satunya dengan menonton film-film bertema perjuangan dan biografi pahlawan besar Indonesia.

Baca juga:Poppy Capella Bantah Tuduhan Pelecehan Seksual ke Finalis Miss Universe Indonesia

Dikutip dari Radar Bogor (Grup Batam Pos), berikut adalah film-film Indonesia bertema perjuangan yang dapat ditonton dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

1. Seokarno

Film ini menceritakan perjalanan Soekarno dalam perjuangannya membebaskan Indonesia dari penjajah, hingga akhirnya menjadi proklamator kemerdekaan. Selain itu, film ini juga dibumbui oleh kisah asmara presiden pertama Indonesia tersebut. Ario Bayu didapuk menjadi pemeran Soekarno, dan film ini digarap oleh sutradara papan atas Indonesia, Hanung Bramantyo.

2. Jenderal Soedirman

Rekam jejak perjuangan Jenderal Besar Soedirman yang sangat gigih melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan Indonesia dapat ditonton dalam film Jenderal Soedirman. Dari film ini penonton juga dapat mengetahui bagaimana taktik perang gerilya yang digunakan Soedirman dan juga perjuangannya mengusir penjajah meskipun sedang sakit. Film ini dibintangi Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman dan disutradarai oleh Viva Westi.

3. Sang Pencerah

Film ini menceritakan tentang biografi Ahmad Dahlan, pendiri organisasi Islam Muhammadiyah. Dalam perjalanannya, Ahmad Dahlan menghadapi berbagai macam tantangan selama menegakkan agama Islam di Jawa. Film ini dibintangi dibintangi Lukman Sardi, Slamet Rahardjo, dan Zaskia Adya Mecca, dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

4. Sang Kyai

Sang Kyai menampilkan kisah hidup dan perjuangan tokoh Islam di Indonesia, K.H. Hasyim Asy’ari dari Nahdhatul Ulama. Diceritakan K.H. Hasyim Asy’ari dan para santrinya berjuang melawan kekejaman penjajahan Jepang. Film Sang Kiai dibintangi Ikranagara dan Adipati Dolken, serta disutradarai oleh Rako Prijanto.

5. Kartini

Sesuai judulnya, film ini menceritakan kisah R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia dan menentang patriarki. Dian Sastro Wardoyo didapuk sebagai pemeran R.A. Kartini, dan didukung bintang lainnya seperti Ayushita, serta Acha Septriasa. Sedangkan Hanung Bramantyo bertindak sebagai sutradara.

Itulah film-film perjuangan tokoh-tokoh pahlawan nasional yang bisa ditonton dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. Dari film-film itu penonton dapat mengambil hikmah dan pelajaran atas perjuangan para pahlawan sehingga lebih menghargai bangsa Indonesia. (*)

Reporter: jpgroup

Update