Sabtu, 20 Juli 2024

Hasil Penelitian Teh Hitam & Manfaatnya untuk Kesehatan

Berita Terkait

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Ilustrasi Teh hitam. (Freepik)

batampos – Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara rutin bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan bisa menurunkan risiko kematian.

Dilansir Independent, para ilmuwan mengklaim, dengan minum teh tersebut dapat menurunkan risiko kematian seseorang hingga 13 persen.

Penelitian sudah dilakukan, dengan melibatkan 498.043 peserta yang berusia antara 40 hingga 69 tahun. Saat itu, para peserta menyelesaikan kuesioner yang diisi selama tahun 2006 sampai 2010. Sementara, para peneliti juga memeriksa berapa banyak teh yang sudah diminum tiap peserta, saat mereka melaporkannya secara mandiri.

Baca juga: Teh Hijau untuk Atasi Bau Badan

Hasil penelitian menemukan, sebanyak 89 persen peserta, mengakui bahwa mereka sering minum teh hitam. Bagi peserta yang minum teh tersebut, mereka memiliki risiko kematian yang rendah, mencapai 9 hingga 13 persen.

Masih dari Independent, jika kalian minum teh hitam dua cangkir sehari atau lebih, hal itu membuat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner hingga stroke menjadi rendah.

Teh ini tetap bermanfaat untuk menurunkan rendahnya risiko kematian, walaupun kalian menambahkan gula atau susu.

Namun, terdapat keterbatasan dari penelitian yang telah dilakukan. Keterbatasan tersebut adalah, tidak dievaluasinya porsi teh hitam yang harus diminum dan kekuatan kafein dalam teh tersebut.

Mengenai hal tersebut, dilansir Hello Sehat, minum teh hitam sebanyak 4 hingga 5 cangkir per hari, akan membawa dampak yang kurang baik untuk kesehatan.

Kafein yang terkandung dalam teh hitam, akan membuat sulit tidur, gelisah, sakit kepala, sering buang air kecil, jantung berdebar-debar, mual, muntah dan bernapas dengan cepat.

Selain bermanfaat untuk menurunkan risiko kematian akibat stroke, penyakit kardiovaskular dan jantung, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dari minum teh hitam. Dilansir Hello Sehat, sebagai berikut:

Baik untuk menambah kewaspadaan dan energi

Pilihan lain setelah kopi, untuk lebih waspada dan menambah energi adalah dengan minum teh hitam. Adanya kandungan kafein dan asam amino L-theanin pada teh tersebut, membawa manfaat untuk meningkatkan fokus dan juga kewaspadaan. L-theanin yang tersimpan dalam teh hitam juga membuat aktivitas otak meningkat, memberi relaksasi dan fokus yang lebih baik bagi tubuh.

Mengatasi kanker

Penyakit berat seperti kanker, juga bisa diatasi dengan minum teh hitam. Senyawa antioksidan yang ada di teh tersebut, adalah polifenol, yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker. Studi yang dibuat oleh Food Science and Human Wellness, polifenol juga mempunyai manfaat untuk mencegah penyebaran tumor payudara.

Baca juga: Meredakan Nyeri Haid dengan Kayu Manis

Melancarkan Pencernaan

Jika pencernaan kalian bermasalah, cobalah untuk minum teh hitam. Hal itu disebabkan karena, ada kandungan sifat antimikroba yang dapat membunuh zat berbahaya serta memperbaiki lapisan saluran pencernaan. Risiko peradangan usus dan pembentukan batu ginjal, juga bisa disembuhkan dengan minum teh hitam.

Melawan radikal bebas

Radikal bebas yang dapat menyebabkan gumpalan darah, sel kanker dan aterosklerosis juga bisa disembuhkan dengan minum teh hitam. Terdapat kandungan polifenol sebagai antioksidan, yang membuat hal tersebut terjadi. Minum teh hitam setiap hari, juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Menjaga keseimbangan tekanan darah

Teh hitam juga menyimpan salah satu jenis mineral yaitu kalium yang tinggi. Manfaat kalium pada teh tersebut, untuk menjaga keseimbangan serta menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang cukup signifikan. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan otot. (*)

Sumber: Jpgroup

 

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan