Senin, 22 April 2024

Film Barbie Diboikot di Vietnam, Ini Alasannya

Berita Terkait

Film Barbie resmi dicekal di Vietnam (WARNER BROS)

batampos – Pemerintah Vietnam resmi memutuskan film Barbie dicekal di negara tersebut. Alasannya ada adegan peta wilayah yang diklaim secara sepihak oleh Tiongkok di Laut China Selatan.

Padahal fans karakter Barbie di seluruh dunia telah menanti dirilisnya film live-action Barbie ini. Film yang dibintangi Margot Robbie dijadwalkan rilis pada 19 Juli mendatang.

Vi Kien Thanh, direktur jenderal Departemen Sinema Vietnam di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, menyatakan bahwa larangan tersebut diputuskan Dewan Evaluasi Film Nasional.

’’Kami tidak memberikan film Amerika, Barbie, untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung,’’ katanya sebagaimana dilansir Variety.

Baca juga: Rayakan 15 Tahun Debut, SHINee Buat Film Dokumenter

Batas wilayah itu digambarkan dengan sembilan garis putus-putus berbentuk U pada peta yang digunakan Tiongkok.

Tiongkok mengilustrasikan klaimnya atas wilayah yang luas di Laut China Selatan, termasuk petak-petak yang dianggap Vietnam sebagai landas kontinennya, di mana Vietnam telah memberikan konsesi minyak.

Hal itu ditolak dalam keputusan arbitrase internasional oleh pengadilan Den Haag pada 2016. Namun, meskipun arbitrase Laut Cina Selatan bersifat final dan mengikat, tidak ada mekanisme yang jelas untuk penerapannya dan Tiongkok menyatakan tidak mengakui keputusan tersebut.

Di sisi lain, Warner Bros. belum memberikan komentar apa pun terkait hal tersebut. Itu bukan kali pertama Vietnam memboikot film dan serial Hollywood karena masalah yang sama.

Pada 2022, film Uncharted yang dibintangi Tom Holland bernasib serupa. Selain itu, film Abominable (2019) diblokir setelah sempat tayang selama lebih dari sepekan di negara tersebut.

Akibatnya, exhibitor CGV didenda dan staf di Departemen Sinema Vietnam didisiplinkan lantaran tidak cepat tanggap dalam menemukan scene yang melanggar tersebut.

Pada 2020, serial Put Your Head on My Shoulder dan Madam Secretary juga diminta menghapus adegan yang berisi cuplikan peta tersebut. Sementara itu, pada 2021 Vietnam meminta Netflix untuk tidak menayangkan drama mata-mata Australia bertajuk Pine Gap di negara tersebut. (*)

Reporter: JPGroup

Update