Senin, 15 April 2024

Empat Cara Mengatasi Mom Brain seperti yang Dialami Nikita Willy

Berita Terkait

Nikita Willy (Instagram Niki)

batamposMom brain yang banyak dialami para ibu bisa diatasi dengan empat cara. Salah satunya dengan me time. Istilah mom brain akhir-akhir ini disebut artis Nikita Willy saat berbincang dalam podcast bersama Denny Sumargo di kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, Rabu (5/7). Diungkapkan Nikita Willy, mom brain dialaminya setelah menikah dan memiliki anak.

Dalam podcast itu, Denny Sumargo bertanya pada Nikita Willy mengenai perubahan apa yang dirinya alami ketika sebelum dan sesudah menikah. “Perubahan yang aku alami, jujur ya ini lebih sering ke brain fog,” Ujar artis berdarah minang itu.

Nikita Willy menambahkan jika istilah brain fog serupa dengan mom brain, yaitu kondisi di mana dirinya tiba-tiba bengong karena banyak hal yang harus dipikirkan.

Melansir dari laman Healthline, mom brain merupakan suatu fenomena yang terjadi pada kondisi ibu yang baru melahirkan dan memengaruhi kecerdasan juga ketajaman ingatan.

Sehingga seorang ibu yang mengalami mom brain terkadang sering merasa lupa, hal ini dipicu oleh kondisi seperti kurang tidur, hormon, dan kebosanan.

Namun jangan khawatir, kondisi mom brain dapat diatasi dengan beberapa cara. Berikut tips dalam mengatasi mom brain, dilansir JawaPos.com melalui Healthline, Rabu (19/7).

Makan dan Minum Vitamin

Cara mengatasi mom brain yang pertama yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta minum vitamin. Buah dan sayuran seperti blubbery, brokoli, dan jeruk dapat menjadi pilihan karena dapat membantu melawan radikal bebas.

Selain itu kacang-kacangan, telur, teh hijau, cokelat dan kopi juga memiliki manfaat dalam mengatasi mom brain.

Jenis ikan seperti salmon juga bagus karena memiliki kandungan asam lemak omega-3, dan juga vitamin prenatal (atau dapat disesuaikan dengan saran dokter dalam masa menyusui), karena dapat mendorong pertumbuhan sel otak dan saraf.

Me Time

Istilah me time terkadang memang perlu dilakukan oleh seorang ibu yang baru melahirkan. Melakukan aktivitas yang membutuhkan waktu sendiri dapat meningkatkan hormon kebahagiaan bagi seorang ibu.

Me time dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya healing dan merawat diri. Namun disarankan untuk melakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat, selain itu dapat menyebabkan pelepasan endorfin yang meningkatkan suasana hati, mengurangi kelelahan, dan lebih rileks.

Memanfaatkan Aplikasi

Disela-sela sang buah hati tidur, ibu dapat memanfaatkan momen tersebut dengan berselancar di sosial media. Jika bosan dengan aktivitas di sosial media, dapat memanfaatkan aplikasi lain seperti memainkan sebuah game.

Bermain game dapat meningkatkan fokus dan daya ingat, sehingga ibu dapat memainkan beberapa permainan di ponsel.

Jika tidak memiliki minat dalam bermain game, ibu dapat memutar sebuah musik instrument yang tenang. Cara ini digunakan untuk bermeditasi ataupun menemani waktu tidur, agar lebih rileks.

Memanfaatkan Aplikasi

Disela-sela sang buah hati tidur, ibu dapat memanfaatkan momen tersebut dengan berselancar di sosial media. Jika bosan dengan aktivitas di sosial media, dapat memanfaatkan aplikasi lain seperti memainkan sebuah game.

Bermain game dapat meningkatkan fokus dan daya ingat, sehingga ibu dapat memainkan beberapa permainan di ponsel.

Jika tidak memiliki minat dalam bermain game, ibu dapat memutar sebuah musik instrument yang tenang. Cara ini digunakan untuk bermeditasi ataupun menemani waktu tidur, agar lebih rileks.(*)

Reporter: jpgroup

Update