Jumat, 2 Desember 2022

Diduga Melanggar Hak Cipta, Dua Lipa Digugat

Berita Terkait

Dua Lipa (Istimewa)

batampos – Dua gugatan atas dugaan pelanggaran hak cipta dilayangkan kepada penyanyi Dua Lipa terkait lagu Levitating.

Penulis lagu L Russell Brown dan Sandy Linzer dan Artikal Sound System sebagai pihak penggugat menyebut Dua Lipa telah melakukan plagiarisme.

Dikutip Antara dari The Guardian, Kamis (10/3), itu merupakan gugatan kedua yang diterima Dua Lipa setelah kurang dari seminggu setelah band reggae, Artikal Sound System, menggugat penyanyi itu atas tuduhan plagiarisme.

Penulis lagu L Russell Brown dan Sandy Linzer menyatakan bahwa melodi pembuka lagu itu serupa dengan lagu Top 10 lawas di Billboard Hot 100 AS pada tahun 1979, Wiggle and Giggle All Night, dan lagu hit lawas di 1980, Don Diablo.

“Terdakwa telah merampas kekayaan intelektual penggugat,” tulis pengacara Brown dan Linzer. “Penggugat mengajukan gugatan sehingga tergugat tidak dapat melepaskan diri dari pelanggaran yang disengaja,” tambahnya.

Penulis lagu itu juga menyoroti wawancara Dua Lipa. Menurut penggugat dalam wawancara tersebut Lipa “mengakui bahwa dia sengaja meniru era sebelumnya” dan “mengambil inspirasi” dari musik bersejarah untuk suara retro dari album 2020-nya, Future Nostalgia.

Pekan lalu, Lipa juga digugat oleh band Artikal Sound System, yang mengklaim bahwa Levitating sangat mirip dengan lagu 2017 mereka Live Your Life sehingga sangat tidak mungkin bahwa Levitating dibuat secara independen. Terkait dua tudingan ini, Lipa belum menanggapi kedua klaim tersebut. (*)

Reporter : Antara

 

Update