Selasa, 16 Agustus 2022

Berjerawat Karena Sering Pakai Masker

Berita Terkait

Kunci Tampil Cantik Ada di 3 Jenis Makeup ini

Glossy dan Tahan Lama

Ilustrasi perempuan berjerawat (Boldsky)

batampos.co.id – Ada banyak jenis jerawat. Salah satunya maskne atau jerawat yang muncul akibat penggunaan masker. Hal ini dialami sebagian orang. Dimana penggunaan masker ternyata menimbulkan kekhawatiran akan masalah kulit/jerawat.

Padahal masker merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan di masa pandemi seperti saat ini. Apalagi saat ini kita dianjurkan untuk menggunakan double mask atau masker ganda.

Dalam webinar bersama NIVEA Oil & Acne Care MicellAir dengan Ekstrak Magnolia, masyarakat khususnya kaum hawa diberikan solusi dan pemahaman mengenai gejala maskne.

“Di Indonesia, jerawat merupakan masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Ada banyak faktor pemicu jerawat mulai dari faktor internal maupun eksternal diantaranya seperti suhu dan kelembaban udara tinggi, kecintaan terhadap makanan manis dan olahan, penggunaan makeup, dan masih banyak faktor lainnya. Penggunaan masker pun dapat meningkatkan resiko masalah kulit,” kata Dian Nuzulia dari NIVEA Face, Sun & Lip secara daring, Rabu (17/11).

BACA JUGA: Sakit Kanker Langka di Limpa, Arilasso Kemoterapi ke-3

Brand Ambassador NIVEA dan Makeup Expert Bubah Alfian, menceritakan kekhawatiran orang-orang di sekitarnya mengenai maskne. Menurutnya tidak sedikit kerabat maupun kliennya yang mengalami maskne.

“Tidak hanya mereka yang berjenis kulit berminyak, melainkan juga yang kulitnya cenderung kering hingga normal, karena saat menggunakan masker, kulit yang tertutup jadi kurang leluasa bernafas dan terasa lebih lembab. Ditambah dengan penggunaan makeup, semakin membuat kulit tak bebas bernapas,” kata Bubah.

Lalu apa saja gejalanya?

1. Penumpukan Minyak dan Kotoran

Menurut Dokter Spesialis Kulit dr Arini Widodo, SpKK, maskne dapat terjadi akibat menumpuknya minyak, kotoran, dan keringat pada area kulit yang tertutup masker.

2. Malas Bersihkan Wajah

Maskne juga dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup seperti kebiasan tidak membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker. Bubah pun kembali mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan kulit dengan rajin membersihkan wajah agar kulit dapat bernapas dengan lebih bebas.

3. Malas Merawat Kulit

Menurut Bubah, kunci untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna harus diawali dengan perawatan kulit yang tepat. Kulit yang tidak terawat dengan baik dapat membuat pengaplikasian makeup menjadi tidak maksimal. (*)

Reporter: JP Group

Update