Minggu, 2 Oktober 2022

Begini Cara Ucapkan Bahasa Cinta, Bukan Hanya Keromantisan Tapi Tunjukkan Kepedulian & Menghargai

Berita Terkait

Mengetahui bahasa cinta pasangan Anda itu penting karena itu memberi petunjuk kepada Anda tentang cara terbaik untuk menunjukkan kepada mereka betapa Anda peduli. (Instagram/@mrssharena)

batampos – Begini cara mengucapkan bahasa cinta”kata-kata penegasan”, bukan hanya keromantisan sebuah pasangan, tapi menunjukkan betapa kamu peduli dan menghargai dia. Ini bisa juga antara orang tua, anak, bos dan karyawan.

Dilansir wellandgood, sering dikatakan bahwa tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata, tetapi bagi orang-orang yang bahasa cintanya adalah kata-kata penegasan, sebenarnya kata-kata itu sendiri yang berbicara banyak.

Baca juga: Busana Muslim Gaya Konvensional, Kontemporer, hingga Syar’i di MUFFEST+ 2022

Pernah mendengar bahasa cinta ? Diperkenalkan oleh buku terlaris tahun 2015 karya Gary Chapman, bahasa cinta adalah cara berkomunikasi berdasarkan metode untuk berbicara dan memahami cinta.

Ada lima jenis yang berbeda: waktu berkualitas, menerima hadiah, tindakan pelayanan, sentuhan fisik, dan kata-kata penegasan (yang, menurut Chapman , adalah bahasa cinta yang paling umum). Mengetahui bahasa cinta pasangan Anda itu penting karena itu memberi petunjuk kepada Anda tentang cara terbaik untuk menunjukkan kepada mereka betapa Anda peduli. Anda mungkin berpikir pasangan Anda ingin merasa dihujani hadiah yang bijaksana (menerima hadiah) padahal sebenarnya mereka akan jauh lebih menghargai Anda membersihkan dapur untuk mereka (tindakan melayani).

“Orang yang bahasa cintanya adalah kata-kata penegasan seperti pasangannya menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan cinta mereka,” kata Pakar Seks dan Hubungan Jess O’Reilly, PhD .

Tetapi jika Anda tidak menganggap diri Anda baik dengan kata-kata, menjalin hubungan dengan seseorang yang bahasa cintanya adalah kata-kata penegasan tampaknya menantang. Tapi Dr. O’Reilly mengatakan sebenarnya tidak.

Apa Itu ‘Kata-Kata Peneguhan’ Bahasa Cinta?

“Kebutuhan utama manusia dalam setiap hubungan pribadi yang bermakna adalah untuk merasa “diteguhkan,” yaitu, dilihat, dihargai, dan divalidasi oleh orang lain,” kata Aditi Paul, PhD , seorang profesor dan peneliti hubungan di Pace University di New York. “Memenuhi kebutuhan ini dengan penggunaan komunikasi verbal—tertulis atau lisan—merupakan apa yang disebut Chapman sebagai bahasa cinta ‘kata-kata penegasan’.” Kata-kata penegasan, tambahnya, dapat mencakup pujian, penghargaan, dan pengakuan dari pasangan Anda.

Contohnya meliputi: 

– Aku mencintaimu.

– Aku sangat beruntung memilikimu dalam hidupku.

– Kamu terlihat luar biasa.

– Perasaan Anda valid.

– Saya suka berapa banyak pemikiran yang Anda masukkan ke dalam liburan kami.

– Terima kasih telah mendengarkan dan tidak menyela.

Lebih lanjut, Dr. Paul menambahkan bahwa karena tujuan dari kata-kata afirmasi bahasa cinta adalah untuk memberikan umpan balik yang bijaksana kepada pasangan Anda, mendengarkan pasangan Anda dengan empati dan niat juga merupakan kuncinya.

Terlepas dari bahasa apa yang paling Anda kenali, manfaat menggunakan kata-kata afirmasi kuat untuk hubungan dan kesejahteraan secara keseluruhan. “(Mengatakan) kata-kata penegasan adalah cara untuk menunjukkan rasa terima kasih dan penerimaan untuk pasangan Anda,” kata Dr. Paul. “Kedua praktik ini memiliki manfaat praktis. Penelitian telah menunjukkan bahwa perasaan dipahami dan diterima oleh pasangan meningkatkan kepuasan relasional dan menunjukkan rasa terima kasih meningkatkan kepuasan hidup .”

Dan kata-kata penegasan (atau bahasa cinta apa pun dalam hal ini) bukan hanya untuk hubungan romantis. “Merasa dihargai dan dihargai adalah kebutuhan manusia dalam hubungan pribadi apa pun, bukan hanya hubungan romantis,” kata Dr. Paul. “Ini termasuk memberi dan menerima kata-kata penegasan dari orang tua, anak, bos, dan karyawan Anda.”

Cara Menggunakan Kata-kata Peneguhan

1. Tulis surat cinta

Dr O’Reilly menekankan bahwa Anda tidak harus “baik dengan kata-kata” untuk mengucapkan kata-kata bahasa cinta afirmasi. “Penting untuk diketahui bahwa Anda tidak harus memikirkan sesuatu untuk dikatakan langsung di tempat,” katanya. “Kamu bisa meluangkan waktu dan memikirkannya, lalu menulis surat cinta untuk pasanganmu.”

Itu juga tidak harus berupa surat lengkap. Dr Paul mengatakan segala bentuk kata-kata penegasan tertulis dapat bekerja. Itu termasuk pesan teks atau menuliskan kata-kata afirmasi dalam jurnal yang nantinya dapat Anda bagikan dengan pasangan Anda saat Anda merasa nyaman..

2. Pinjam beberapa kutipan

Jika Anda benar-benar meluangkan waktu untuk membuat surat cinta dan masih sulit untuk mengungkapkan perasaan Anda ke dalam kata-kata, Dr. O’Reilly mengatakan untuk meminjam dari kisah cinta yang telah teruji dari waktu ke waktu. “Anda bisa mengutip bagian dari puisi atau cerita,” katanya. Atau, Anda dapat memberi pasangan Anda sebuah buku dan menggarisbawahi bagian-bagian yang berbicara tentang hubungan Anda.

3. Gunakan pesan yang spesifik dan personal

Namun, hanya “Aku mencintaimu” yang sederhana (sambil baik) tidak selalu berhasil. “Umumnya orang yang cenderung ke arah kata-kata afirmasi mencari pesan yang spesifik dan personal,” tambahnya. “Mereka ingin mendengar mengapa Anda mencintai mereka dan bagaimana Anda mencintai mereka.” Misalnya, tindakan atau ciri kepribadian apa yang Anda hargai dari mereka? Memikirkan hal itu dapat membantu Anda membuat apa yang Anda katakan lebih bermakna dan berdampak bagi Anda berdua.

4. Tinggalkan catatan kejutan

Mengejutkan pasangan Anda dengan catatan adalah cara lain untuk mengungkapkan kata-kata penegasan. “Jika mereka melakukan perjalanan bisnis, Anda dapat meninggalkan catatan kecil di koper mereka. Atau, Anda dapat memasukkannya ke dalam tas makan siang mereka,” kata Dr. O’Reilly. “Menyenangkan untuk mengejutkan pasanganmu!”

5. Ekspresikan perasaan yang tulus

Menurut Dr. Paul, larangan terbesar dalam hal kata-kata penegasan adalah mengatakan sesuatu hanya demi mengatakan sesuatu. “Orang-orang benar-benar pandai memahami apa yang merupakan perilaku otentik dan apa yang halus,” katanya. “Ketika Anda menggunakan kata-kata penegasan, bersungguh-sungguh.”

6. Mulai dari yang kecil

Semua yang dikatakan, jika Anda merasa kewalahan dengan memasukkan lebih banyak kata-kata penegasan, saran Dr. Paul adalah mulai dari yang kecil. Ingatlah bahwa kata-kata afirmasi tidak harus berupa gerakan agung ini lengkap dengan kata-kata besar dan bahasa yang berbunga-bunga. “Berhati-hatilah dan niatkan tentang interaksi Anda dengan pasangan Anda,” kata Dr. Paul. “Carilah kantong kecil di mana Anda dapat menegaskannya bahkan untuk hal-hal yang tampaknya tidak penting. Dia mengambil cucian tanpa Anda memintanya? Katakan terima kasih! Dia menyalakan mobil sehingga kursi pengemudi menjadi hangat sebelum Anda masuk ke mobil? Katakan ‘Aku mencintaimu karena melakukan itu!’ Tetap kecil, tetap signifikan. ”

Hal yang sama berlaku untuk hubungan lain juga. Misalnya, Dr. Paul mengatakan, “terima kasih, saya sangat menghargainya” kepada seorang karyawan ketika mereka menyelesaikan laporan, atau “pekerjaan yang bagus” ketika seorang anak mendapat nilai bagus dalam ujian bisa sangat membantu.

Kuncinya, kata Dr. Paul, adalah melakukannya secara konsisten. Dengan latihan, Anda secara bertahap menjadi lebih nyaman menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan perasaan Anda.

Cara Menerima Kata-Kata Peneguhan

Dr. O’Reilly menunjukkan bahwa seseorang yang bahasa cintanya adalah kata-kata penegasan kemungkinan juga suka menunjukkan cintanya dengan cara ini, jadi penting untuk bisa menerima kata-kata penegasan juga. Jika Anda adalah seseorang yang tidak bisa menerima pujian, ini bisa menjadi tantangan. “Jika menerima kata-kata afirmasi itu menantang bagi Anda, ada baiknya untuk mengungkapkannya kepada pasangan Anda,” ujarnya. “Katakan pada mereka. ‘Aku tidak terbiasa menerima kata-kata cinta, tapi aku sedang mengusahakannya.'”

Ketika pasangan Anda mulai menyuarakan semua hal yang dia sukai tentang Anda, jika Anda tidak tahu harus berkata apa, Dr. O’Reilly mengucapkan terima kasih yang sederhana. “Mulai saja dengan itu,” katanya.

Sama seperti bahasa lain, dibutuhkan usaha untuk menjadi fasih dalam bahasa cinta. “Ini juga bagus untuk fasih dalam lebih dari satu bahasa, jadi bagus juga untuk melatih bahasa cinta lainnya,” kata Dr. O’Reilly. Bagian yang penting adalah Anda dan pasangan saling mengungkapkan cinta. Dan itu adalah sesuatu yang dihargai tidak peduli bahasa apa yang Anda gunakan. (*)

Reporter: Andriani Susilawati

Update