Senin, 4 Maret 2024

Avatar 3 Sudah Masuki Pascaproduksi, Dijadwalkan Rilis Desember 2025

Berita Terkait

Avatar 3 (i.ytimg.com)

batampos – James Cameron tengah mempersiapkan Avatar 3. Dalam konferensi pers di Selandia Baru pada akhir pekan lalu, dia menyatakan, instalasi terbaru Avatar itu tengah dalam tahap akhir. ’’Kami memasuki dua tahun pascaproduksi paling padat saat ini. Jadi, perkiraannya, rilis pada Natal 2025,” ungkapnya.

Sineas yang dikenal kerap menerapkan teknologi inovatif itu mengakui, menggarap lanjutan Avatar: The Way of Water adalah tantangan baru buatnya. Dia belum pernah menggarap sekuel kedua –alias film ketiga– dari karyanya sendiri. Selain Avatar, Cameron tercatat hanya pernah membesut dua sekuel: Aliens dan Terminator. Instalasi selanjutnya dari dua cerita itu digarap sineas lain.

Baca juga: Ponsel Realme GT5 Pro dengan Fitur RAM LPDDR5x dan penyimpanan UFS 4.0 hingga 1 TB

Dia menilai, menggarap film ketiga lebih sulit ketimbang merilis karya orisinal. ’’Kita harus menjaga ceritanya tetap di jalur, tapi tetap mampu menghadirkan hal-hal baru,” lanjut Cameron. Karena itu, di Avatar 3, tim produksi bakal membawa penonton ke lanskap dan budaya lain di Pandora.

’’Akan ada budaya berbeda dibandingkan dua film sebelumnya dan orang-orang yang ditampilkan di sana bukan orang baik,” imbuhnya.

Dia menyatakan, Avatar 3 bakal menampilkan Ash People, yang melambangkan penduduk dari area pegunungan berapi. Menurut dia, desain karakternya bakal amat berbeda. ’’Aku ingin menunjukkan Na’vi dari sisi berbeda karena sejauh ini, yang kutampilkan baru sisi baiknya,” papar Cameron.

Di Avatar 3, dia ingin ’’membalik” sudut pandang lewat sisi baru para tokohnya. Di dua film pertama, manusia diwakili tokoh-tokoh yang digambarkan negatif. Sebaliknya, Na’vi hanya digambarkan positif. Dia menjanjikan penonton penampilan Pandora yang lebih utuh dan indah. ’’Kami akan mengeksplor semesta yang baru serta melanjutkan cerita para tokoh utamanya. Sejauh ini, yang bisa kubilang, bagian akhir filmnya adalah yang terbaik,” ujar sineas kelahiran 16 Agustus 1954 itu.

Dia menjelaskan, bagian awal film bakal menjadi pengantar, yang tetap dikawal visual dan penceritaan apik. Avatar 3 juga dipastikan dibintangi sejumlah cast baru. Hingga bulan ini, baru ada tiga nama yang diumumkan. Di antaranya, ada Oona Chaplin –cucu Charlie Chaplin– yang bakal memerankan Varang, pemimpin Ash People. Sekuel itu bakal dilanjutkan dengan Avatar 4 pada 2029 serta Avatar 5 pada 2031.

Meski makan waktu pengerjaan lama, Avatar masih menjadi franchise andalan Disney. Di penayangannya tahun ini, Avatar: The Way of Water –yang rilis pada pertengahan Desember 2022– mampu mengumpulkan USD 283 juta (Rp 4,37 triliun) di Amerika Serikat.

Angka itu lebih tinggi dibandingkan Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Indiana Jones and The Dial of Destiny maupun The Marvels. Pada tahun ini, Disney juga tercatat tidak memiliki film yang mampu menembus USD 1 miliar atau Rp 15,44 triliun untuk kali pertama sejak 2014. (*)

Reporter: jp group

Update