Rabu, 19 Juni 2024

Apple Diam-diam Siapkan Teknologi AI

Berita Terkait

batampos – Apple adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak pada bidang industri teknologi. Produk dari Apple sudah didistribusikan di seluruh dunia dan beberapa produk terkenal dari Apple adalah Iphone, Macbook, Smartwatch, dan juga Ipad.

Dibanding dengan kompetitornya pada bidang yang sama, Apple belum merilis produk AI yang bernama GenAI karena tidak mau merilis produk yang masih bermasalah. Asumsi ini muncul dari laporan penelitian terbaru Apple pada awal Januari 2024, yang mengajukan penggunaan flash memory untuk pemrosesan large language model (LLM). Model AI Apple ini kemungkinan akan bergantung pada neural engine yang ada di chip terbaru mereka, misalnya M3 dan A17 Pro.

Dilansir dari Financial Times, Kini Apple diam-diam meningkatkan kemampuannya dalam kecerdasan buatan. Mulai dari melakukan serangkaian akuisisi perusahaan teknologi, perekrutan staf, dan pembaruan perangkat keras yang dirancang untuk menghadirkan AI pada iPhone generasi berikutnya.

Baca Juga: SUV Chery OMODA E5 Dapat Dukungan Penuh Pemerintah Indonesia Menuju Emisi Nol

Apple sangat aktif dengan mengakuisisi 21 perusahaan rintisan sejak awal tahun 2017, menurut penelitian dari PitchBook. Akuisisi terbaru adalah pembelian perusahaan rintisan WaveOne yang berbasis di California pada awal tahun 2023, yang menawarkan kompresi video bertenaga AI.

Menurut catatan penelitian terbaru dari Morgan Stanley, hampir setiap lowongan pekerjaan AI di Apple kini menyertakan istilah ”Pembelajaran Mendalam” yang berkaitan dengan algoritma AI generatif.

Kepala eksekutif Tim Cook mengatakan kepada para analis pada musim panas lalu bahwa mereka telah melakukan penelitian di berbagai teknologi AI dan berinvestasi serta berinovasi secara bertanggung jawab dalam hal teknologi baru.

Tujuan Apple tampaknya adalah mengoperasikan AI generatif melalui perangkat seluler, yang memungkinkan chatbot dan aplikasi AI berjalan di perangkat keras dan perangkat lunak ponsel itu sendiri, bukan didukung oleh layanan cloud di pusat data.

Baca Juga: Konsumsi Mi Instan di Indonesia sebesar 13,27 Miliar Porsi

Apple juga telah meluncurkan chip baru yang memiliki kemampuan lebih besar untuk menjalankan AI generatif. Perusahaan mengatakan prosesor M3 Max untuk MacBook, yang terungkap pada bulan Oktober, “membuka alur kerja yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan di laptop”, seperti pengembang AI yang bekerja dengan miliaran parameter data.

Tantangan teknologi tersebut memerlukan pengurangan ukuran model bahasa besar yang mendukung AI, serta prosesor berperforma lebih tinggi. Pembuat perangkat lain telah bergerak lebih cepat daripada Apple, dengan Samsung dan Google merilis perangkat baru yang mengklaim dapat menjalankan fitur AI generatif melalui telepon.

Konferensi Pengembang Sedunia Apple, yang biasanya diadakan pada bulan Juni, diharapkan menjadi acara di mana perusahaan mengungkapkan sistem operasi terbarunya, iOS 18. Analis Morgan Stanley memperkirakan perangkat lunak seluler akan diarahkan untuk mengaktifkan AI generatif dan dapat menyertakan asisten suaranya, Siri. didukung oleh LLM.

“Mereka cenderung menunda dan menunggu sampai ada pertemuan teknologi, dan mereka dapat menawarkan salah satu representasi terbaik dari teknologi tersebut,” kata Igor

Jablokov, CEO grup perusahaan AI Pryon dan pendiri Yap, sebuah perusahaan pengenalan suara. diakuisisi oleh Amazon pada tahun 2011 untuk dimasukkan ke dalam produk Alexa dan Echo-nya. (*)

 

Sumber: JP Group

Update