Senin, 24 Juni 2024

Ampuh Perbaiki Kualitas Tidur, 4 Makanan ini Wajib Dicoba Bagi Penderita Insomnia: Makanan Ketiga Mudah Ditemukan di Indonesia

Berita Terkait

Kiwi, makan yang baik untuk kualitas tidur/ Image by Racool Studio on Freepik/

batampos – Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi metabolisme tubuh manusia.

Kualitas tidur yang baik dapat membuat manusia menjadi lebih segar dan bertenaga dalam beraktivitas.

Kualitas tidur yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh waktu dan tempat. Makanan yang dikonsumsi juga memiliki peran signifikan dalam memperbaiki kualitas tidur.

Dilansir dari sleepfoundation.org, banyak sekali peneliti dan ahli gizi yang melakukan studi terkait pengaruh makanan yang dikonsumsi bagi tubuh manusia.

Pola makan dan tidur merupakan masalah yang kompleks. Artinya, tidak ada garansi bahwa suatu makanan dapat membantu tidur.

Namun, tetap ada beberapa makanan dan minuman yang dipercaya mampu mempermudah penderita gangguan tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus.

Berikut 4 makanan yang dapat konsumsi untuk perbaiki kualitas tidur.

1. Kiwi

Buah Kiwi merupakan buah yang mengandung banyak gizi baik bagi tubuh. Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, Potasium dan Folat.

Beberapa penelitian menemukan hasil bahwa buah kiwi dapat mempengaruhi tidur. Dalam studi yang dilakukan, orang yang memakan dua buah kiwi sebelum tidur diketahui dapat tertidur lebih cepat, tidur lebih lama, dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Tidak diketahui secara pasti kenapa buah kiwi dapat membantu untuk tidur, akan tetapi peneliti mempercayai bahwa ini dipengaruhi oleh antioksidan, folat, serta tingginya kandungan serotonin di dalamnya.

2. Buah ceri asam

Sesuai namanya, ceri asam memiliki rasa yang sangat berbeda dengan ceri manis. Beberapa jenis ceri asam diantaranya Richmond Cherry, Montmorency Cherry dan Ceri Morello Inggris.

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa orang yang meminum jus ceri asam sebanyak dua gelas perhari memiliki rentang tidur yang lebih dan juga memiliki efisiensi tidur yang lebih tinggi.

Ceri asam memiliki kandungan melatonin diatas rata-rata. Kandungan melatonin ini dapat mempengaruhi ritme sirkadian yang mendukung kualitas tidur yang sehat.

3. Nasi

Sebuah penelitian pada orang dewasa di jepang membuktikan bahwa mereka yang memakan nasi secara reguler memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan mereka yang memakan mie dan roti sebagai sumber karbohidrat,

Pada penelitian ini juga disimpulkan bahwa memakan makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi sekitar empat jam sebelum tidur mampu membuat orang menjadi lebih mudah tidur.

Namun perlu diperhatikan, meskipun indeks glikemik pada manisan dan makanan yang mengandung gula juga tinggi, makanan ini justru bisa kurang bagus untuk kualitas tidur.

Oleh karena itu makanan berkarbohidrat dan tinggi glikemik tidak bisa dianggap setara.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengidentifikasi hubungan antara karbohidrat yang berbeda dengan kualitas tidur pada manusia.

4. kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio dan mede seringkali dihubungkan sebagai salah satu jenis makanan yang bagus untuk kualitas tidur.
Kacang-kacangan mengandung melatonin, mineral seperti magnesium dan zinc yang sangat esensial dalam metabolisme.

Dalam suatu percobaan ditemukan kombinasi dari melatonin, magnesium dan zinc dapat membantu orang dewasa yang memiliki insomnia untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. (*)

Reporter: JP Group

Update