Senin, 23 Mei 2022

AMD Radeon RX 6500 XT, Spek Kartu Grafis Kelas Low-end

Berita Terkait

KARTU grafis AMD Radeon RX 6000 Series terbaru. F. AMD via JPG

batampos – AMD punya kejutan awal tahun. Mereka menghadirkan varian baru kartu grafis di keluarga Radeon RX 6000 Series, yaitu AMD Radeon RX 6500 XT. Seri terbaru ini sangat cocok bagi para hardware enthusiast, khususnya penggemar AMD yang gemar komputer low budget.

Kartu grafis ini diperkenalkan sebagai kartu grafis kelas low-end atau entry-level. Meski demikian, yang menarik pada kartu grafis ini adalah perangkat ini menjadi yang pertama di kelas entry-level yang menggunakan GPU fabrikasi 6 nm buatan TSMC.

Kartu ini juga berbasis arsitektur AMD Navi 24 dengan membawa desain teknologi AMD RDNA 2. Kendati punya label entry-level, AMD mengklaim kartu grafis ini tetap dibangun dengan kemampuan gaming generasi terbaru dan aneka fitur terdepan.

Selain itu, Radeon RX 6500 XT juga dikatakan telah dirancang untuk memberikan pengalaman gaming AAA dan E-Sports 1080p yang menakjubkan. Ini dapat diakses oleh para gamer PC saat ini dan sebelumnya secara luas.

Hardware komputer ini sendiri dibanderol mulai dari USD 199 atau Rp 2,8 jutaan. Lantas, bagaimana spesifikasinya?

Di atas kertas, AMD Radeon RX 6500 XT memiliki 1024 stream processor atau 16 Compute Units dengan game clock speed 2610 MHz dan boost clock 2815 MHz. Memanfaatkan teknologi proses 6 nm, Radeon RX 6500 XT disebut tetap mampu menghadirkan kinerja 1080 p yang luar biasa dan visual tajam dalam paket yang menarik untuk segmen PC gaming terbesar dengan nilai dan kemampuan terdepan.

Misalnya, Radeon RX 6500 XT menghadirkan fitur dari kartu grafis AMD kelas atas ke gamer mainstream, misalnya, ini adalah kartu grafis mainstream pertama yang menawarkan DXR raytracing.

Kemudian, AMD Infinity Cache-16 MB cache data last-level yang terintegrasi pada GPU ini juga disebut bisa membantu mengurangi latensi dan konsumsi daya untuk memungkinkan kinerja game yang lebih tinggi dibandingkan desain arsitektur tradisional.

BACA JUGA: ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (M513) Spesifikasi yang Powerful 

Lagi, kartu grafis ini juga punya AMD Smart Access Memory yang bisa menghadirkan kinerja yang lebih tinggi saat kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series dipasangkan dengan prosesor desktop AMD Ryzen tertentu dan motherboard AMD seri 500 dengan memberikan prosesor AMD Ryzen akses ke seluruh memori grafis GDDR6 berkecepatan tinggi.

Tak ketinggalan, AMD FidelityFX? Super Resolution (FSR), solusi peningkatan spasial sumber terbuka yang meningkatkan frekuensi gambar sekaligus menghadirkan pengalaman bermain game beresolusi tinggi dan berkualitas tinggi juga ada di GPU ini.

Buat pengalaman visual yang lebih kaya, AMD Radeon Anti-Lag juga turut disematkan pada kartu grafis ini untuk mengurangi waktu respons input-to-display, membuat lebih responsif dan menawarkan keunggulan kompetitif dalam gameplay. (*)

Reporter: JP Group

Update