batampos-Melakukan pencatatan transaksi keuangan penting untuk dilakukan pemilik usaha. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari catatan keuangan seperti memberikan proyeksi perkembangan bisnis, mengetahui produk/jasa apa yang paling diminati pelanggan, sebagai bahan evaluasi bisnis, dan masih banyak manfaat lainnya.
Namun, seringkali skala bisnis dan keterbatasan ilmu akuntansi menjadi alasan para pemilik usaha mengabaikan proses ini.
BACA JUGA: Ingin Buka Usaha Restoran? Gunakan Aplikasi Pembukuan Untuk Pengelolaan Keuangan Bisnis Restoran
Padahal pencatatan keuangan atau yang biasa disebut akuntansi penting dilakukan sejak awal bisnis dimulai, dan tidak memandang besar atau kecilnya skala bisnis. Artinya, mulai dari pengusaha besar hingga UMKM disarankan untuk memiliki laporan keuangan yang baik.
Saat ini, para pemilik usaha khususnya UMKM bisa memanfaatkan aplikasi catatan keuangan gratis yang dilengkapi dengan banyak fitur yang memudahkan proses pencatatan transaksi keuangan. Tentu saja, sistem ini tidak langsung menggantikan seorang akuntan, tetapi bisa memudahkan pekerjaan mereka sehingga lebih efisien dan produktif.
Menggunakan aplikasi catatan keuangan memungkinkan Anda dalam melacak transaksi keuangan yang lebih terperinci. Sistem ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan laporan keuangan seperti buku besar, faktur, gaji, mengelola utang dan piutang, dan jenis laporan lain.
Jika sebelumnya semua proses itu dilakukan secara manual dan menghabiskan waktu dan tenaga yang banyak, maka dengan aplikasi catatan keuangan semua hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih cepat.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alasan kenapa bisnis Anda butuh sistem akuntansi mulai dari sekarang.
3 Alasan Bisnis Anda Butuh Aplikasi catatan keuangan
1. Memiliki Laporan Kas yang Akurat
Dengan bantuan aplikasi catatan keuangan, laporan kas perusahaan bisa disusun dengan baik dan akurat. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga bisa mengakses laporan kapan pun, tidak perlu menunggu di waktu-waktu tertentu.
2. Memantau Perkembangan Usaha
Sebuah bisnis berkembang atau tidak bisa dilihat dari laporan keuangannya. Aplikasi catatan keuangan mampu menampilkan data visual yang lebih mudah dimengerti orang awam. Hal ini tentu akan mempermudah bagi orang yang tidak terlalu paham membaca laporan keuangan yang penuh dengan angka.
Jika menggunakan aplikasi Jurnal, Anda bisa mengakses menu Business Performance di dashboard untuk mengetahui ringkasan bisnis dalam rentang waktu yang bisa diatur secara spesifik.
3. Menyelesaikan Perhitungan Lebih Cepat.
Proses perhitungan menggunakan aplikasi catatan keuangan bisa dilakukan dengan cepat dan meminimalisir kesalahan yang bisa berakibat fatal. Selain itu, sistem pembukuan yang ada bisa menghasilkan laporan yang baik dan teratur.
Setelah mengetahui manfaat yang bisa didapat dari aplikasi catatan keuangan, lalu apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih satu aplikasi untuk bisnis Anda.
Bisa dibilang, aplikasi catatan keuangan yang ada saat ini jumlahnya cukup banyak, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Berikut adalah tips dalam memilih aplikasi catatan keuangan gratis yang cocok untuk bisnis yang Anda jalankan.
5 Tips Memilih Akuntansi Aplikasi Gratis
1. Mudah Digunakan atau User Friendly
Ini dia tips memilih aplikasi catatan keuangan gratis gratis yang pertama. Seperti yang diketahui, aplikasi catatan keuangan dirancang untuk memudahkan penggunanya. Maka dari itu, pilihlah aplikasi yang user friendly, meski diakses oleh seseorang yang awam ilmu akuntansi. Selain itu, pilih aplikasi yang memiliki banyak fitur untuk membuat berbagai jenis laporan keuangan.
2. Sesuai untuk Jenis dan Skala Bisnis Anda
Aplikasi catatan keuangan Jurnal memiliki fitur yang memudahkan kinerja bisnis berskala besar atau UMKM sekali pun. Anda bisa memiliki faktur dengan tampilan profesional tanpa perlu tenaga khusus untuk merancang desainnya. Jurnal memiliki 11 template otomatis yang bisa disesuaikan dengan selera atau logo bisnis Anda.
3. Bisa Diakses Secara Bersamaan (Multi-user)
Aplikasi catatan keuangan gratis berbasis cloud biasanya bisa diakses oleh beberapa orang sekaligus. Fitur ini akan sangat memudahkan saat proses pemantauan, persetujuan, dan memberikan kemudahan saat harus bekerja dari tempat yang berbeda-beda.
4. Punya Fitur Lengkap yang Memudahkan
Kenali kebutuhan laporan keuangan bagi bisnis Anda, cocokkan dengan fitur yang dimiliki sebuah aplikasi catatan keuangan gratis. Sebagai contoh, fitur laporan pajak otomatis, rekomendasi bisnis yang tajam, bisa diakses melalui perangkat mobile, dan cara penggunaan aplikasi yang sederhana.
5. Gratis atau Memiliki Biaya yang Terjangkau
Aplikasi catatan keuangan yang gratis tentu menarik untuk dipilih. Tidak ada salahnya Anda memilih aplikasi catatan keuangan gratis sebagai percobaan di awal. Jika, kebutuhan laporan keuangan bisnis Anda mulai meningkat, maka Anda bisa mempertimbangkan aplikasi berbayar dengan biaya yang terjangkau.
Setelah membaca artikel di atas, kini Anda bisa mengerti fungsi dari sebuah aplikasi catatan keuangan terhadap sebuah bisnis. Pilih aplikasi yang mampu membawa bisnis Anda berkembang menjadi lebih baik kedepannya.
Jika Anda mencari aplikasi catatan keuangan yang terbaik saat ini adalah Jurnal by Mekari. Jurnal telah dikenal banyak perusahaan/pebisnis kecil, menengah maupun atas di Indonesia. Memang, semua software yang ditawarkannya, termasuk software di bidang akuntansi. Software ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan sebagian besar perusahaan/pebisnis di Indonesia. Ini-lah salah satu keunggulan software karya anak bangsa dibandingkan besutan luar negeri.
Selain itu, sedikitnya ada enam keunggulan yang akan Anda peroleh jika menggunakan Jurnal by Mekari, di antaranya: bisa diakses di perangkat yang berbeda karena berbasis cloud, cek laporan keuangan secara real-time kapan dan di mana saja, ada 11 jenis faktur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, cek jumlah inventory secara real-time kapan dan di mana saja, mudah dalam pencatatan bukti transaksi dan tersedia modul manajemen aset yang mumpuni.
Dijamin deh, urusan akuntansi bakal lebih mudah dengan software terbaik di Indonesia besutan Mekari ini. Bagi Anda yang belum menggunakan software akuntansi, yuk migrasi ke Jurnal by Mekari.
Apa saja yang mampu diberikan oleh aplikasi pencatatan keuangan satu ini? Jawabannya cukup bervariasi, tetapi di sini Anda tidak hanya mendapatkan alat bantu untuk mencatat keuangan perusahaan, melainkan juga inventarisnya. Terlebih lagi, semua itu bisa diakses dengan akurat dan real-time tanpa perlu repot diperbarui secara manual oleh karyawan.
Jurnal by Mekari adalah model transformasi perangkat lunak akuntansi yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman. Kecanggihan teknologi memang mau tidak mau memaksa manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara daring. Kemudian, orisinalitas aplikasi ini terjamin dimana telah banyak digunakan oleh akuntan profesional.
Beberapa keuntungan spesifik yang bisa Anda peroleh antara lain mengurangi kesalahan pencatatan manual oleh karyawan, melacak dan memonitoring transaksi online, merekonsiliasi akun bank pada laporan pembukuan, hingga membuat invoice relatif lebih cepat karena telah diotomatisasi.
Hal-hal di atas pada akhirnya akan menciptakan kepuasan pelanggan yang berpotensi mempercepat laju perkembangan bisnis Anda. Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu merek, maka tinggal menunggu waktu saja hingga mereka bersedia memberikan loyalitas.
Karena itu, alih-alih Anda repot mencari aplikasi serupa lainnya, akan lebih mudah jika segera berlangganan Jurnal by Mekari, mengingat tarifnya saat ini masih terbilang bersahabat. Jangan sia-siakan kesempatan dan segera raih beragam manfaatnya!
Selain itu, Jurnal memiliki program GRATIS selama 14 hari. Rasakan kemudahan yang diberikan saat menggunakan aplikasi ini untuk bisnis Anda. Cari tahu info lebih lengkap mengenai Jurnal disini dan selamat mencoba aplikasi catatan keuangan gratis ini, ya! (*)