batampos– aespa ditunjuk Bank KB Bukopin sebagai brand ambassador tahun ini. Girlband terdiri dari 4 (empat) personel yaitu Karina, Giselle, Winter, dan Ningning diharapkan
dapat menarik minat MY Indonesia (sebutan fans aespa, Red) untuk menjadi potensi media pemasaran di generasi millenial
Dilansir jawapos.com sejak debutnya pertama kali keluar, aespa telah banyak menyita perhatian fans K-Pop di seluruh dunia. Nama aespa pun terus melambung di jagat dunia musik K-Pop. Tak heran jika aespa dijuluki sebagai “Monster Rookie”.
Baca juga:4 Olahraga Ringan Setelah Berbuka Puasa Agar Fit
aespa yang dibentuk oleh SM Entertainment melakukan debutnya pada 17 November 2020 dengan single “Black Mamba”. MV lagu ini mendapatkan 1 juta views hanya dalam 3 hari. Ini adalah rekor tercepat untuk MV lagu debut dalam sejarah grup K-POP dan terdaftar di chart billboard serta mendapatkan peringkat nomor 1 di billboard QQ Music Tiongkok.
aespa memenangkan penghargaan pertama mereka di SBS Inkigayo pada 17 Januari 2021. Pada bulan Februari 2021, aespa merilis lagu remake dari penyanyi Yoo Young-Jin yang berjudul “Forever”. Kemudian pada bulan Mei 2021, aespa juga merilis single dance hip-hop yang energik dengan judul “Next Level”. Berkat kepopulerannya, aespa juga menandatangani kontrak dengan Creative Artists Agency untuk kegiatan mereka di Amerika Serikat.
aespa saat ini sudah memiliki album mini yang dirilis pada 5 Oktober 2021 bernama “Savage” yang berisi 6 (enam) lagu, termasuk single dengan judul yang sama. Pada akhir bulan Desember 2021, mereka merilis cover dari “Dreams Come True” S.E.S.
Mulai dari lagu debut “Black Mamba”, “Next Level”, hingga “Savage”, aespa berhasil ngehits secara berturut-turut. Di tahun 2021, mereka memenangkan berbagai penghargaan seperti Rookie of the Year dan Grand Prize di acara-acara penghargaan seperti Asia Artist Awards (AAA), Melon Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), dan Golden Disc Awards. Hal ini membuktikan bahwa aespa layak disebut sebagai rookie monster generasi 4.
Lalu, berdasarkan jumlah pengikut di media sosial aespa pada Februari 2022, untuk Instagram 7,9 Juta, Facebook 1,7 Juta, Twitter 2,2 Juta, dan Tiktok 4,4 Juta, sedangkan untuk Youtube sebanyak 3,5 Juta subscriber.
Sederet prestasi itulah yang kemudian membuat membuat girlband tersebut ditunjuk Bank KB Bukopin sebagai brand ambassador. aespa merupakan salah satu bagian dari rangkaian strategi rebranding KB Bukopin yang dilakukan pada 2022 untuk meningkatkan brand image perusahaan.
Presiden Direktur KB Bukopin Chang Su-choi menyampaikan bahwa kolaborasi bersama KB Kookmin Bank akan memberikan banyak perubahan sebagai bagian dari strategi perusahaan. ’’KB Bukopin ingin melanjutkan momentum perusahaan menuju level selanjutnya dengan menjadikan aespa sebagai Brand Ambassador KB Bukopin di tahun ini,’’ ungkapnya.
Choi berharap kolaborasi antara KB Bukopin dan aespa dapat dimanfaatkan juga untuk menarik minat MY Indonesia (sebutan fans aespa, Red) untuk menjadi potensi media pemasaran di generasi millenial. “aespa dinilai sebagai girlband potensial yang dapat merepsentasikan generasi millenial dan memiliki influence serta fanbase besar untuk mempromosikan suatu brand maupun produk di Indonesia,” tutur Choi. (*)
Reporter: jpgroup