Minggu, 5 Februari 2023

Ada Fitur Proxy, WhatsApp akan Bisa Digunakan Tanpa Ada Koneksi Internet

Berita Terkait

WhatsApp kenalkan fitur proxy. (Telecom Talk)

batampos– WhatsApp akan semakin nyaman di pakai para penggunanya. Sebab, akan ada fitur baru ke platform perpesanan instan itu, yakni memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi, bahkan di wilayah di mana otoritas yang mengatur telah memblokir layanan perpesanan tersebut.

Fitur baru ini adalah kemampuan aplikasi untuk bekerja melalui server proxy. Lalu, apa itu server proxy dan bagaimana Anda bisa menggunakannya di WhatsApp untuk melewati blokir internet?

Bagi yang belum tahu tentang server proxy, ini adalah sistem yang bertindak sebagai perantara antara perangkat atau layanan dan internet. Artinya, jika pemerintah (andai kata) sedang memblokir WhatsApp di suatu wilayah, pengguna dapat memasukkan alamat server proxy, yang belum diblokir pemerintah, di aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Mengenal Whatsapp Business API, Manfaat dan Fitur yang Wajib Ada

Ini akan memungkinkan WhatsApp untuk berkomunikasi melalui server, memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan perpesanan tanpa masalah apa pun. Meski begitu, WhatsApp, bagaimanapun, tidak akan menyediakan server proxy kepada pengguna.

Ini berarti pengguna harus mencari server proxy yang berfungsi di wilayah mereka dan kemudian memasukkan alamat server proxy itu di aplikasi. Ada banyak server proxy yang bebas digunakan di seluruh dunia yang dibuat oleh sukarelawan dan organisasi.

Meski begitu, menurut WhatsApp, pesan atau data pengguna akan dienkripsi secara end-to-end bahkan ketika Anda menggunakan aplikasi melalui server proxy.

Dalam posting-an pengumuman, WhatsApp memberikan contoh Iran di mana otoritas pemerintahan telah memblokir semua layanan dari Meta (seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp) selama berbulan-bulan, untuk menjelaskan betapa bermanfaatnya fitur baru tersebut.

Bagaimana cara menggunakan fitur Server Proksi WhatsApp?
Untuk menggunakan fitur Proxy Server di WhatsApp, unduh dan instal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda seperti biasa. Setelah Anda mengatur aplikasi dan mendaftar dengan nomor telepon Anda, lakukan hal berikut:

– Buka WhatsApp dan navigasikan ke Pengaturan.
– Kalau sudah, klik Storage and Data » Proxy » Use Proxy » Set Proxy.
– Terakhir, masukkan alamat server proxy dan klik tombol Simpan. (*)

reporter: jpgroup

Update