Minggu, 21 Juli 2024

5 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Kulit Lebih Sehat

Berita Terkait

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

batampos – Makanan bernutrisi tinggi diyakini membuat tampilan kulit lebih sehat.

Apalagi kulit sebagai lapisan terluar cenderung terpapar radikal bebas.

Managing Director Skinfood Indonesia Iswandy Lim mengatakan, paling tidak ada lima jenis makanan yang baik untuk kesehatan kulit.

1. Black sugar.
Dia menuturkan, black sugar kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk memberikan hidrasi dan nutrisi pada kulit.

”Kandungan ini sudah dikenal efektif untuk eksfoliasi kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo hitam (blackheads),” tutur Iswandy Lim.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Tengah Cuaca Ekstrem

2. Ekstrak black bee propolis.
Iswandy mengungkapkan, sejak zaman dahulu, lebah hitam provence dikenal sebagai penghasil madu berkualitas. Lebah provence menghasilkan ekstrak black bee propolis yang diproses melalui lactic acid fermentation selama 72 jam kemudian disimpan dalam ruangan bersuhu rendah.

”Berdasar sejumlah penelitian, ekstrak bee propolis memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan bagi tubuh,” terang Iswandy Lim melalui zoom (23/5).

3. Buah apricot.
Di balik rasanya yang manis, Iswandy menjelaskan, buah apricot baik untuk melembapkan dan mencerahkan kulit, mengurangi komedo, hingga mampu melawan eksim yang sering menjadi masalah kulit sensitif.

Selain itu, apricot juga bisa menenangkan kulit sensitif, mengangkat sel kulit mati, mencegah penuaan dini, hingga berfungsi sebagai antioksidan.

4. Buah berry.
Dia mengungkapkan, buah berry menjadi makanan yang umum dikonsumsi di kalangan kerajaan. Sebab, dipercaya membantu kulit tetap awet muda.

Seiring dengan berjalannya waktu, para ahli menyepakati bahwa beberapa jenis buah berry membawa kandungan antioksidan yang kuat bahkan hingga 4 kali lipat dari buah yang lain.

”Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dalam buah berry dapat mengoptimalkan perawatan wajah untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah dan sehat. Selain itu, beberapa bahan aktif dalam ekstrak buah berry itu juga dapat berfungsi sebagai pengontrol produksi minyak, mengatasi jerawat hingga kulit kusam,” papar Iswandy Lim.

5. Wortel.
Banyak orang mengenal khasiat wortel bagi kesehatan mata, padahal wortel juga memiliki segudang kebaikan bagi kulit.

Iswandy menyampaikan, kandungan vitamin C terhadap wortel melembapkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan pada wortel juga mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

”Selain itu, senyawa beta karoten dan karotenoid pada wortel mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV A. Senyawa tersebut juga dapat membantu memperbaiki kulit dari kerusakan akibat efek buruk paparan sinar matahari. (*)

Reporter: JPGroup

 

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan