Rabu, 17 Agustus 2022

5 Langkah Penting Merawat Kulit Berjerawat

Berita Terkait

ILUSTRASI. Jerawat dipicu oleh gaya hidup, pola makan, dan hormon. Kunci dalam merawat kulit berjerawat adalah dengan memilih dan menggunakan produk skin care yang tepat. (Marie Claire)

batampos – Ada 5 langkah penting merawat kulit berjerawat. Merawat kulit berjerawat itu gampang-gampang susah. Namun dengan skin care yang tepat masalah kulit berjerawat bisa diatasi.

Mengatasi jerawat bisa memulihkan rasa percaya diri. Menurut survei 2021 Beauty Trends oleh Jakpat, 81 persen masyarakat Indonesia mendambakan kulit wajah yang bebas jerawat. Sedangkan kenyataannya 46 persen masyarakat Indonesia masih memiliki permasalahan kulit wajah berjerawat.

BeautyHaul, beauty-ecommerce memberikan tips cantik untuk mengatasi dan merawat kulit yang berjerawat. Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin mengungkapkan, jerawat biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti minyak yang menumpuk pada wajah, pori-pori yang tersumbat, dan produksi minyak berlebih.

“Hal ini bisa dipicu oleh gaya hidup, pola makan, dan hormon. Kunci dalam merawat kulit berjerawat adalah dengan memilih dan menggunakan produk yang tepat,” kata dr. Claudia dalam ketrangan resmi, Minggu (24/4).

5 langkah penting merawat kulit berjerawat yakni dengan memilih produk skin care yang tepat. Nah, begini rangkaian skin care yang bisa dipilih:

Baca juga : Untuk Lansia, Cleanser Lebih Baik Dibandingkan Sabun Muka

1. Lakukan double cleansing

Membersihkan wajah merupakan tahapan utama dalam merawat kulit wajah berjerawat. Dalam membersihkan wajah berjerawat, sangat penting untuk melakukan double-cleansing yang dapat mengangkat minyak dan kotoran dari pori-pori wajah.

Hindari memilih micellar water yang memiliki kandungan fragrance atau pewangi, agar aman untuk digunakan sehari-hari. Lalu, pilihlah sabun cuci muka yang mengandung bahan aktif seperti Salicylic acid karena dapat membersihkan wajah secara mendalam sehingga cocok untuk kulit berjerawat.

2. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Exfoliating toner merupakan produk yang digunakan hanya dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Penggunaan produk ini berperan penting dalam merawat kulit berjerawat, sebab dapat mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah dan tidak dapat diangkat oleh sabun pencuci muka. Pastikan juga exfoliating toner pilihan kamu mengandung bahan-bahan aktif seperti AHA, BHA, atau PHA yang baik dalam mengeksfoliasi kulit serta merawat kulit berjerawat.

3. Rawat kulit wajah dengan serum

Pastikan produk serum yang dipilih memang dirancang untuk kulit berjerawat. Tidak seperti serum pada umumnya yang memiliki peran utama sebagai skinfood untuk kulit wajah, serum untuk kulit berjerawat mengandung bahan aktif seperti bakuchiol dan niacinamide yang berfungsi mematikan bakteri penyebab jerawat dan kandungan pencegah inflamasi.

4. Beri hidrasi pada wajah

Melembapkan kulit merupakan tahapan yang penting dalam skin care routine bagi acne prone skin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit agar selalu terhidrasi. Pilihlah produk pelembap yang cocok untuk kulit berminyak agar mencegah over-moisturizing yang dapat menyebabkan penumpukan minyak dan tidak menyumbat pori-pori. Kamu juga dapat memilih produk moisturizer yang water-based yang ringan dan tidak menyebabkan iritasi sehingga aman untuk digunakan sehari-hari.

5. Pakai acne spot gel

Jika jerawat baru akan atau sudah muncul, sebaiknya menggunakan acne spot gel untuk membantu membunuh bakteri aktif dan meredakan peradangan jerawat. Bahan yang perlu kamu perhatikan saat memilih acne spot gel adalah Salicylic Acid, karena dapat melawan bakteri jerawat dan meredakan kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat. Cara menggunakan acne spot gel adalah dengan menotolkan langsung pada jerawat ya. (*)

Reporter : JP Group

 

Update