Sabtu, 4 Februari 2023

5 Langkah Menuju Berat Badan Ideal

Berita Terkait

Tips Mengolah Daging Lebih Sehat

Antikanker dalam Rendaman Jamur Reishi

ILUSTRASI: Menciptakan berat tubuh yang ideal perlu mengatur pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat dengan terus aktif bergerak. (Istimewa)

batampos – Berat badan ideal tidak hanya bisa dilakukan dengan diet ketat. Perlu disiplin untuk mencapainya.

Mengatur pola makan dan asupannya saat jam makan juga berpengaruh. Termasuk menerapkan gaya hidup tetap aktif bergerak alias anti mager.

”Pola makan yang tepat, diikuti dengan gaya hidup sehat lainnya, akan membuat tubuh sehat sekaligus ideal,” kata Agus Sumarna dari Mie Jiwa Pagi PT Kobe Boga Utama, kepada wartawan baru-baru ini.

Baca juga: Orang Asia Lebih Banyak Lemak di Bagian Perut

Berikut 5 langkah agar berat badan ideal tercapai:

1. Makan Tepat Waktu

Waktu makan dalam sehari terdiri dari sarapan, makan siang dan makan malam. Disarankan menyisipkan camilan sehat di waktu siang dan sore hari untuk menjadikan waktu makan menjadi lima kali sehari.

Pola makan dengan jumlah yang tepat dengan frekuensi yang teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat sekaligus ideal. Sebaliknya, pola makan yang berantakan akan mengacaukan jam biologis tubuh sehingga menimbulkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

2. Cukup Minum Air

Menurut Kemenkes RI, kebiasaan yang baik dalam pola makan sehat diantaranya budayakan minum air putih paling sedikit 8 gelas per hari atau kurang lebih 2 liter/hari.

3. Buah dan Sayur

Penting untuk perbanyak serat. Perbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari.

4. Cara Masak Lebih Sehat

Memilih sumber pangan yang segar dan diolah dengan cara direbus atau dikukus agar lebih sehat. Wajib juga mengonsumsi makanan rendah lemak karena tidak melalui proses penggorengan sehingga cocok dinikmati oleh pelaku diet.

5. Batasi MSG

Selain itu cobalah membatasi konsumsi MSG kecap, saus, penyedap rasa, pemanis, pengawet, perasa sintetis. Dan yang terakhir budayakan membaca label sebelum memilih makanan kemasan atau siap saji.

Mengurangi MSG menjadi salah satu hal yang penting untuk menjalani pola makan yang sehat. Sayangnya penggunaan MSG sudah menjadi hal yang biasa dilakukan untuk menambah rasa pada makanan. Untuk memaksimalkan pola makan yang sehat, alangkah bijaknya jika mengurangi penggunaan MSG dengan mengonsumsi makanan yang tanpa MSG dan bervitamin. (*)

Reporter : JPGroup

Update