Senin, 28 November 2022

5 Gerakan Yoga Ringan Ini Membantu Kualitas Tidur

Berita Terkait

Trikonasana/India Today

batampos – Gerakan atau asana yoga ringan dapat memperbaiki pola tidur Anda sekaligus memperbaiki kualitasnya. 5 Gerakan sederhana yoga ini dapat Anda lakukan di rumah. Jadi tidak perlu lagi kita berguling-guling dalam upaya untuk mengejar tidur.

Beberapa gerakan sederhana yoga dengan penyesuaian yang sangat halus yang dibawa oleh setiap asana atau pose ke tubuh merupakan aspek yang paling bermanfaat. Dan yang paling penting bisa dilakukan di rumah.

Dilansir dari India Today, Kamis, berikut 5 asana yoga yang bisa dipraktikkan di rumah untuk membantu kualitas tidur Anda.

1. Trikonasana

Trikonasana dibagi menjadi dua bagian. Pertama, belok kiri, lalu kanan. Berdiri dengan kaki terpisah 3 kaki dengan postur lurus sempurna.

Posisi segitiga bermanfaat untuk meregangkan otot kaki dan lutut. Posisi ini juga meregangkan paha belakang, otot betis, dan bahu. Oleh karena itu, olahraga teratur akan memperkuat bagian-bagian fisik ini. Ini membantu mengurangi stres, yang mengarah ke tidur yang lebih baik.

Bhujangasana/India Today

2. Bhujangasana

Bhujangasana adalah asana yang dapat ditekuk ke belakang dan berbaring. Ini memperkuat tulang belakang sambil meregangkan dada, bahu, dan perut. Postur membantu tubuh melepaskan kelelahan dan ketegangan.

Halasana/India Today

3. Halasana

Pose Bajak atau Halasana, meregangkan tulang belakang, bahu, dan punggung kaki, membuka punggung atas dan dada. Ini merangsang organ perut dan menenangkan pikiran, membantu untuk tidur nyenyak.

Berbaring telentang dengan tangan di samping, telapak tangan ke bawah, untuk pose ini. Kemudian, dengan menggunakan otot inti, angkat kaki dari lantai dan angkat kaki secara vertikal.

Lakukan ini sambil menarik napas dalam-dalam. Biarkan kaki Anda menyapu kepala Anda pada sudut 180 derajat sampai jari-jari kaki Anda menyentuh lantai. Pose ini sangat bermanfaat bagi wanita yang mengalami menopause.

Vajrasana/India Today

4. Vajrasana

Vajrasana menenangkan kita dan menghilangkan stres dan kecemasan. Akibatnya, itu membantu kita mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Hal ini juga membantu dalam pencernaan dan pengurangan lemak perut. Telah terbukti membantu orang menurunkan berat badan.

Janu sirsasana/India Today

5. Janu sirsasana

Janu sirsasana adalah peregangan yang baik untuk paha belakang dan betis yang kaku. Pose kepala hingga lutut juga bermanfaat untuk mengurangi ketegangan dan menenangkan pikiran. Pose ini akan membawa kelegaan yang sangat dibutuhkan jika Anda menderita kram menstruasi atau gejala menopause. (*)

Sumber : India Today

Update