Jumat, 12 Agustus 2022

4 Tanda Kembung Tidak Normal

Berita Terkait

Perut kembung (thesun)

batampos – Empat tanda kembung tidak normal yang jika mengalaminya sebaiknya segera kunjungi dokter. Kembung adalah sesuatu yang kita semua alami dari waktu ke waktu. Biasanya hilang dengan sendirinya, tanpa banyak masalah, dan tidak harus selalu dihilangkan sebab “normal”.

Dilansir thesun, Ahli Diet Gastroenterologi dan Manajer Penelitian dan Pengembangan di merek suplemen probiotik Symprove, Sammie Gill mengatakan “Ada beberapa alasan mengapa kembung terjadi.
Mungkin gas yang dihasilkan oleh mikroba usus kita, mungkin karena volume makanan/cairan yang dikonsumsi, atau mungkin karena sembelit.”

Alasan paling umum adalah memiliki banyak gas di usus.
Ini bisa disebabkan oleh beberapa makanan dan minuman, seperti sayuran dan minuman bersoda, atau karena menelan udara jika Anda makan terlalu cepat.

Baca juga:Tips Mulai Bisnis Dari Conten Creator

Ada empat tanda kembung yang tidak normal yaitu kembung terus menerus (1), menyakitkan (2), berlebihan (3) dan / atau mempengaruhi Anda setiap hari (4). Jika mengalami ke empat hal tersebut sebaiknya kunjungi dokter.

“Ini bukan sesuatu yang harus Anda terima, dan kabar baiknya adalah ada banyak strategi yang tersedia untuk membantu meringankannya.” ucap Sammie.

Pada catatan yang lebih serius, mungkin ada beberapa masalah kesehatan serius yang mendasari akar kembung.

Intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar (IBS) dapat menjelaskan mengapa Anda selalu merasa bengkak. Keduanya cenderung datang dengan gejala lain, seperti sembelit atau diare.

Ketika kembung berlebihan disertai dengan gejala seperti nyeri, perubahan kebiasaan toilet, darah dalam kotoran, atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan, itu bisa menandakan kanker usus .

Dan banyak serat makanan – yang difermentasi oleh usus yang menyebabkan lebih banyak kembung dan gas (yang mungkin dikeluarkan sebagai kentut atau bersendawa ).

“Mungkin gas yang dihasilkan oleh mikroba usus kita, mungkin karena volume makanan/cairan yang Anda konsumsi, atau mungkin karena sembelit.”

Sementara itu, Dr Ahmed El Muntasar, GP dan The Aesthetic Doctor , mengatakan hal yang dihawatirkan adalah kanker apa pun yang terkait. Untuk wanita, yang dikhawatirkan adalah kanker ovarium .

“Kanker ovarium pada wanita memerlukan kunjungan dari dokter untuk memeriksa dan melakukan tes darah yang disebut CA125 dan itu biasanya untuk memeriksa keganasan ovarium.” kata Dr Ahmed.

Dr Ahmed mengatakan kembung biasanya terjadi karena lemak, flatus (gas), janin (kehamilan), feses (perlu buang air besar) atau cairan yang menumpuk di perut.

Dia menambahkan secara umum, tanpa alasan Anda seharusnya tidak benar-benar kembung, jadi jika itu masalahnya, Anda perlu mendapatkan perhatian medis.

Kedua ahli tersebut mengatakan wanita cenderung lebih menderita kembung daripada pria.

Dr Ahmed berkata kembung jauh lebih jarang terjadi pada pria daripada wanita.

“Saya pikir dalam delapan tahun terakhir saya mungkin telah melihat mungkin tiga atau empat pria yang mengalami kembung dan itu terkait dengan gagal hati karena konsumsi alkohol yang berlebihan, tetapi pada wanita saya melihatnya sepanjang waktu.”

Kiat Bermanfaat untuk Orang yang Kembung

Karena kembung terkadang bisa menjadi produk sampingan dari apa dan bagaimana kita makan, Sammie berkata: “Kunyah makanan Anda dengan baik dan perlahan.

“Makan dengan penuh perhatian tanpa gangguan seperti ponsel, laptop, atau TV Anda.”

Sammie mengatakan hindari mengunyah permen karet, makanan dengan tambahan pemanis, dan minuman berkarbonasi untuk mengatasi kembung.

“Hindari minum jus buah atau smoothie buah dalam jumlah besar,” katanya.

Makan makanan biasa yang lebih kecil sepanjang hari, daripada makanan dalam jumlah besar sekaligus.

“Kesampingkan intoleransi makanan dengan dukungan ahli gizi atau ahli gizi terdaftar.”

Stres bisa menjadi penyebab kembung, dan umumnya menyimpan lemak tubuh di sekitar bagian tengah .

“Coba dan rilekskan sumbu usus-otak melalui meditasi, yoga, latihan pernapasan diafragma, atau aplikasi seperti HeadSpace atau Calm,” kata Sammie.

“Cobalah pijat perut atau latihan ringan (berjalan) atau peregangan.”

Sedikit olahraga ringan setiap hari dapat membantu menjaga usus tetap bergerak secara teratur dan mengurangi keparahan gejala kembung.
(*)

reporter: Andriani S

Update